Mengenali Perut Kembung pada Bayi


Bayi belum bisa mengeluh dan mengatakan apa yang dirasakannya saat sedang tidak enak badan. Satu-satunya cara untuk menunjukkan rasa tidak nyaman adalah dengan menangis. Meski demikian, tangisan bayi pastinya bukan bukti akurat bahwa perutnya sedang bermasalah kan Moms. Untuk memastikannya, coba cek gejala perut kembung pada anak bayi dan balita berikut ini:

  • Rewel dan suka menangis
  • Perut terasa keras saat dipegang
  • Sering buang angin
  • Menunjukkan tanda-tanda gelisah setelah disusui
  • Dalam beberapa kasus, perut kembung juga disertai mencret
Mengenali Perut Kembung pada Bayi
source: https://cdn.popmama.com
Perut kembung pada bayi bisa terjadi karena beberapa hal, dan umumnya disebabkan oleh sistem pencernaan bayi yang memang belum sempurna. Laktosa berlebihan biasanya akan meninggalkan rasa tidak nyaman usai menyusui.

Selain itu, ada beberapa makanan lain yang menyebabkan gas berlebih saat dikonsumsi, misalnya kembang kol, brokoli, kol, bawang bombai, atau kacang. Tak hanya pada anak, makanan macam ini biasanya juga menyebabkan perut kembung saat hamil. Karenanya, ibu hamil dan sedang menyusui sebaiknya menghindari makanan yang bisa menghasilkan gas berlebih.

Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, perhatikan juga posisi bayi saat menyusui. Salah posisi saat minum susu akan membuat udara masuk secara berlebihan sehingga menyebabkan kembung. Satu lagi, terlalu banyak menangis juga akan membuat udara masuk dalam jumlah banyak
 

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi


Jika hal ini terjadi pada si kecil, jangan panik Moms. Cara-cara berikut ini bisa dipraktekkan untuk meringankan perasaan tidak nyaman yang dialami bayi dan balita. Tetap tenang, dan lakukan tips-tips berikut ini:
Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi
source: https://cdn.popmama.com
  • Bantu Bayi Bersendawa: Perut kembung dan keras terjadi karena ada gas berlebih yang terjebak di dalam perut.Untuk membantunya bersendawa, coba peluk dan sandarkan dia di dada ibu kemudian tepuk-tepuk punggungnya secara perlahan. Cara ini akan membantunya bersendawa.
  • Pijat Memutar di Bagian Perut: Jika si kecil mulai rewel, coba pijat bagian perutnya secara memutar sesuai arah jarum jam. Jangan hanya saat perutnya kembung, lakukan setelah mandi atau menyusui. Cara ini akan membantu si kecil mengurangi kandungan gas dalam perut.
  • Tegakkan Tubuh Bayi: Posisi yang terus berbaring akan membuatnya mudah kembung. Coba tegakkan tubuhnya dalam gendongan dan usap hingga merasa benar-enar rileks.
  • Usapkan Minyak Kayu Putih: Cara lain yang umum dipakai adalah dengan mengusapkan minyak kayu putih atau minyak telon ke bagian tubuh terutama perut. Tak hanya membuatnya nyaman, cara ini akan meredakan gejala perut kembung. Sebaiknya lakukan hal ini setiap hari untuk menghindari perut kembung dan mencret pada anak.

Merawat bayi memang tidak bisa dibilang mudah ya Moms. Perlu perhatian dan treatment ekstra agar si kecil tetap merasa nyaman dan gembira. Jangan sepelekan kesehatan dan kenyamanan bayi, karena hal ini juga akan berpengaruh untuk tumbuh kembangnya. Semakin sehat dan gembira, maka perkembangan fisik dan mental pun juga akan optimal.