Radang tenggorokan merupakan suatu kondisi yang dapat mempengaruhi semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Tapi ternyata, radang tenggorokan sangat rentan menyerang pada anak-anak berusia antara 5 sampai 15 tahun. Biasanya radang tenggorokan dapat disembukan dengan mengonsumi obat-obatan seperti antibiotik. Tapiahukah Moms, penyebab radang tenggorongan ini bisa terjadi akibat bakteri dan atau virus. Jadi, sebelum Moms memberikan antibiotik pada si kecil sebaiknya kenali dulu penyebabnya.

Moms, Perlukah Antibiotik untuk Radang Tenggorokan pada Anak?

Memangnya radang tenggorokan yang terjadi akibat bakteri dan atau virus dapat diketahui? Begini nih, Moms...

  1. Radang tenggorokan oleh bakteri, biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus pyogenes dan streptococcis kelompok A.
  2. Radang tenggorokan oleh virus, biasanya disebabkan oleh virus sebuah penyakit seperti pilek, influenza, demam kelenjar, campak, cacar air, dan infeksi pernapasan.
Setelah mengetahui bagaimana virus dan bakteri dapat menyebabkan radang tenggorokan. Selanjutnya apa sih kandungan antibiotik yang cocok untuk masing-masing penyebab?

Antibiotik untuk Radang Tenggorokan Karena Bakteri

Antibiotik sebagai obat radang tenggorokan biasanya akan diresepkan jika radang tersebut disebabkan oleh bakteri. Moms harus ingat bahwa setiap antibiotik yang diresepkan dokter harus dihabiskan meski gejala tenggorokan sudah membaik. Hal ini dilakuka untuk mencegah infeksi menyebar ke bagian tubuh lainnya. Biasanya antibiotik yang diberikan mengandung penicillin atau amoxcillin karena merupakan antibiotik yang paling umum untuk mengobati infeksi bakteri.

baca juga

Antibiotik untuk Radang Tenggorokan Karena Virus

Lain halnya dengan radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya justru tidak membutuhkan pengobatan. Kondisi penderita akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 5-7 hari. Akan tetapi, rasa yang tidak nyaman akan dirasakan sehingga tetap membutuhkan obat. Biasanya obat yang diberikan berupa pereda nyeri atau analgesik seperti ibuprofen dan parasetamol.

Antibiotik untuk Radang Tenggorokan Anak

Moms, jika si kecil terkena radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus. Moms dapat memberikan obat yang mengandung ibuprofen atau parasetamol, namun harus dengan pemantauan dokter ya, Moms. Nah, jika si kecil terkena radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter untuk masalah pengobatannya.

baca juga

Perlukah Antibiotik untuk Radang Tenggorokan

Perlukah Antibiotik untuk Radang Tenggorokan

Moms, meskipun antibiotik dan obat pereda sakit dapat diberikan pada si kecil yang terkena radang tenggorokan. Pentingnya bagi Moms untuk mempertimbangkan efek samping yang akan ditimbulkan sebelum memberikannya pada si kecil. Beberapa efek samping yang dapat dirasakan setelah mengkonsuksi antibiotik seperti sakit perut, mual, muntah, nafsu makan hilang, nahkan sampai diare. Kasihan si kecil ya, Moms. Ternyata, Moms dapat mengatasi radang tenggorokan tanpa antibiotik lho. Mau tahu caranya? Yuk simak beberapa cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Tanpa Antibiotik

1. Minum Air Putih

1. Minum Air Putih

Biasanya radang tenggorokan dapat menyebabkan mulut terasa kering dan tidak nyaman. Minum air putih secara rutin dapat mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Moms bisa memberikan air putih hangat untuk si kecil ketika bangun tidur. Hal ini dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan terutama yang disebabkan oleh virus.

2. Minum Teh Madu Hangat

2. Minum Teh Madu Hangat

Madu bersifat antibakteri dan antiseptik yang bisa bantu membunuh bakteri penyebab radang. Moms dapat menyeduh teh dan menambahkannya 1 sendok makan madu. Alternatif teh yang dapat digunakan adalah teh hijau. Teh hijau juga memiliki sifat antibakteri yang kuat dan merupakan sumber antioksidan tinggi yang bisa meredakan peradangan dengan cepat.

3. Berkumur dengan Air Garam

3. Berkumur dengan Air Garam

Cara lainnya yaitu berkumur dengan air garam. Tahukah Moms, ternyata garam dapat menyerap air dalam mulut sehingga dapat membunuh bakteri penyebab radang. Moms hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam dengan 230 ml air hingga larut. Kemudian, kumur dan tahan larutan ini dalam mulut selama 30 menit. Ulangi jika perlu.

Nah mudah kan Moms, melakukan cara alternatif yang alami untuk menyembuhkan radang tenggorokan dapat Moms lakukan untuk menghindari efek samping dari obat-obatan. Selamat mencoba, Moms.