Usia 4 bulan adalah usia yang tidak boleh dilewatkan begitu saja tanpa adanya stimulasi untuk membantu perkembangan si kecil. Pada usia ini, Moms akan melihat peningkatan kemampuan si kecil dalam memberi respon dan berinteraksi terhadap semua stimulasi yang diterimanya. Karena pada usia ini bayi sudah peka terhadap apa yang ada disekitarnya.

Pada usia 4 bulan bayi sudah mulai  bisa membentuk kosa kata seperti, ma-ma atau ba-ba. Oleh karena itu untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal, kita sebagai orang tua harus selalu membantu dan membimbing si kecil. Lalu apa yang harus kita dilakukan untuk membantu stimulasi bayi 4 bulan agar berkembang baik. Yuk, pelajari di sini Moms!​​​​​​​

Stimulasi Bayi 4 Bulan Agar Tengkurap​​​​​​​
 
                                                      source: https://hellosehat

Pada umumnya bayi mulai bisa memiringkan badan dan tengkurap pada usia 3-5 bulan dan rata-rata pada usia 4 bulan. Tengkurap sendiri merupakan kegiatan yang sangat penting untuk melatih otot-otot bayi dan mendukung perkembangan motorik. Untuk itu penting melatih si kecil agar tengkurap. Berikut ini beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk menstimulasi si kecil agar tengkurap. 
 
  1. Tarulah mainan di depan si kecil untuk ia jangkau. Pada saat si kecil sedang bertopang pada perutnya, letakkan mainan sedikit ke samping. Usaha si kecil dalam meraih mainan ini dapat menjadi cara agar si kecil tahu cara tengkurap. 
  2. Baringkan si kecil dalam posisi telentang, kemudian dorong badannya ke samping. Biarkan si kecil tetap pada posisi miring. Cara ini dilakukan agar si kecil dapat belajar tengkurap sendiri. 
  3. Berganti posisi saat menyusui. Saat menyusui, Moms bisa tengkurapkan si kecil di atas perut Moms. Biarkan si kecil melatih dirinya sendiri untuk menjaga keseimbangan. Selain membuat nyaman si kecil, cara ini juga dapat menciptakan ikatan antara Moms dan si kecil. 
  4. Melakukan senam bayi atau terapi fisik. Senam bayi dapat menjadi salah cara untuk mengenalkan si kecil berbagai gerakan sesuai kemampuan dan umurnya. Senam bayi dapat dilakukan dengan bantuan instruktur yang sudah berpengalaman. 
  5. Lakukan cara-cara yang dapat membuat si kecil nyaman dan tertarik pada aktivitas tengkurap. Cari tahu banyak cara untuk membuat si kecil nyaman saat melakukannya. Jangan mudah menyerah karena semua butuh proses dan usaha.

Stimulasi Bayi 4 Bulan Agar Cerdas

 
                                                      source: https://www.enfa.co.id

Memberikan stimulasi pada si kecil sejak dini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk membantu anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Apalagi jika stimulasi yang diberikan dapat membuat si kecil cerdas, pasti sebagai orang tua akan sangat bahagia. Menemukan stimulasi yang tepat untuk membantu anak agar cerdas sangat penting. Nah, Moms berikut ini adalah beberapa stimulasi yang dapat dilakukan untuk membantu si kecil agar cerdas.
 
  • Menjalin komunikasi dengan si kecil. Ajaklah si kecil bercakap-cakap dengan suara yang lembut dan kata-kata yang positif. Tatap si kecil saat Moms menggendongnya, ceritakan tentang apa saja yang ada di sekelilingnya. 
  • Pada saat mengganti popok, Moms bisa mengajak si kecil berkomunikasi, Tatap mata si kecil, buat ekspresi lucu atau mengajaknya berbicara.
  • Perkenalkan si kecil pada alat musik untuk membantuya mengembangkan kemapuan berpikir. Musik dapat membantu si kecil untuk meningkatkan memori, perhatian, dan membantu pembelajarannya. 
  • Bacakan si kecil cerita dari buku-buku bergambar, Cara ini dapat membantu si kecil untuk menambah kosa kata dan dapat membantu si kecil mengenal dunia luar. Buat suara-suara yang unik ketika membaca cerita agar menarik perhatian si kecil,
  • Berikan mainan yang dapat membantu menstimulasi perkembangan si kecil. 
baca juga

Stimulasi Bayi 3-4 Bulan

 
                                                       source: https://zwitsal.co.id 

Memasuki usia 3 bulan si kecil sudah mulai bisa tengkurap. Pada usia 4 bulan si kecil sudah mulai bisa merespon dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Pada usia 3-4 bulan ini Moms bisa mulai membantu menstimulasi si kecil agar dapat berkembng secara optimal. Berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat Moms lakukan untuk membantu si kecil tumbuh dan belajar.
 
  1. Lakukan kontak mata dan sering-seringlah berbicara dengan si kecil. Ceritakan tentang lingkungan sekitar kepada si kecil.
  2. Berikan si kecil mainan yang berbunyi. Ajak si kecil bermain mencari mainan yang berbunyi. Caranya sangat mudah, pegang mainan yang berbunyi tersebut 20 cm di samping si kecil, lalu goyangkan mainan tersebut. Cara ini dilakukan untuk menarik perhatian si kecil dan membantu mata si kecil agar fokus.
  3. Bantu indera si kecil mengetahui benda-benda disekitarnya. Caranya, tempatkan mainan di tangan si kecil, biarkan si kecil merasakan berat dan mendengar suaranya. Pastikan berikan mainan yang memiliki bunyi-bunyian. Cara dialkukan untuk membantu si kecil belajar tentang fisik benda.
  4. Berikan rasa nyaman untuk si kecil, gendong dan peluk si kecil sesering mungkin. Respon dengan cepat ketika ia terlighat cemas.
  5. Berikan si kecil pijatan ringan dan lembut, gunakan baby oil. Cara ini dapat membantu memperkuat kedekatan si kecil dengan Moms. 

Stimulasi Bayi 4-5 Bulan

 
source: https://zwitsal.co.id

Berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat Moms lakukan untuk membantu si kecil tumbuh dan belajar agar si kecil berkembang secara optimal. 

Stimulasi bayi 4 bulan

Pada usia ini si kecil sudah bisa tengkurap dan mengatakan beberapa kosa kata sederhana, untuk membantu menstimulasi si kecil Moms dapat membantu si kecil belajar tengkurap sendiri. Berikan mainan yang dapat membantu si kecil belajar tengkurap. Buat si kecil nyaman pada posisi itu. Dan seringlah ajak si kecil berbicara, lakukan kontak mata dengan si kecil. Cara ini dilaukan  untuk membantunya belajar merespon dan membantunya menangkap vocal dan konsonan pembentuk kata-kata dasar.

Stimulasi bayi 5 bulan 

Menginjak usia 5 bulan si kecil akan mulai belajar untuk duduk. Pada usia ini si kecil bisa berguling dari telantang ke tengkurap dan sebaliknya. Selain itu si kecil sudah bisa meraih benda-benda di sekitarnya. Untuk itu Moms bisa membantu melatih otot-otot si kecil dengan menempatkan mainan di dekat si kecil agar si kecil dapat meraih mainan itu. Moms juga dapat membantu si kecil belajar memindahkan mainan dari tangan satu ke tangan lainnya. Pilihlah mainan yang memiliki bunyi agar si kecil tertarik.

Ajaklah seering mungkin si kecil berkomunikasi. Cara ini akan membantunya menambah kosa kata baru. Pada usia ini si kecil sudah bisa merespon dan berinteraksi untuk itu Moms bisa mengenalkannya dengan lingkungan sekitar. 


 
baca juga

Mainan Stimulasi Bayi 4 Bulan

 
                                                    source: http://www.alodokter.com

Berikut ini beberapa mainan yang bisa menstimulasi bayi 4 bulan yang dapat Moms berkan untuk si kecil.
 
  • Moms bisa memilih boneka yang lembut yang di dalamnya berisi kapas. Cara ini dapat membantu si kecil untuk menggerakan tangannya. 
  • Berikan mainan yang terbuat dari karet  dan mudah untuk dicenkeram serta yang dapat mengeluarkan bunyi.
  • Untuk membantu merangsang pertumbuhan si kecil, Moms bisa memberikan mainan yang terbuat dari silikon.
  • Bacakan si kecil cerita dari buku cerita bergambar untuk membantu si kecil mengembangkan kemampuan bahasanya. 
  • Perkenalkan si kecil dengan musik, berikan mainan untuk si kecil yang dapat mengeluarkan suara ketika digubcang. Cara ini dapat membantu si kecil bereaksi terhadap suara.


Nah, itulah Moms beberapa cara sederhana untuk membantu menstimulasi si kecil agar dapat berkembang secara optimal. Semoga artikel di atas bermanfaat.