Manfaat Membacakan Buku Cerita bagi Anak

Jalin Kedekatan dengan Si Kecil Melalui Buku Cerita, Ini Rekomendasinya!

Meluangkan waktu bersama si kecil menjadi hal yang begitu berharga bagi orang tua. Namun, kesibukan sering kali menjadi kendala. Berangkat pagi pulang malam telah menjadi sebuah rutinitas yang menyibukkan. Malam si kecil pasti sudah malas beraktifitas bahkan sudah tidur dan Moms pun pasti sudah lelah. Sementara pagi juga ada segudang aktivitas yang harus diselesaikan. Untuk itu, butuh kegiatan sederhana nan bermakna seperti membaca buku cerita.

Aktifitas baca buku cerita mampu mengikat kebersamaan antara anak dengan orang tua. Hal terssebut dapat menumbuhkan rasa saling dekat dan menyanyangi. Manfaat lainnya yaitu  mengenalkan kosakata baru pada anak, mengembangkan keahlian mendengar, serta membantu kemampuan berkomunikasi lebih baik.

Selain itu, dengan membaca buku cerita anak imajinasi si kecil akan berkembang, memunculkan ide-ide baru yang akan mendorong kreatifitas mereka. Baca buku cerita anak akan menstimulus buah hati semakin memiliki memori yang kuat lho Mom, makanya ayo mendongeng mulai malam ini! 

Macam-Macam Buku Cerita Anak

Jalin Kedekatan dengan Si Kecil Melalui Buku Cerita, Ini Rekomendasinya!

Buku cerita anak memiliki 2 kriteria yaitu fiksi dan non fiksi. Buku cerita fiksi berisikan tentang cerita yang imajinatif seperti cerita jenaka, kehidupan binatang (fabel), kisah petualangan, dongeng dan banyak lagi. Sebaliknya, cerita no fiksi berisikan informasi contohnya cerita asal-usul suatu tempat, sejarah, riwayat kehidupan seorang tokoh dan sebagainya.

Isi cerita yang baik menjadi daya tarik namun bentuk buku yang unik menjadi pesona sendiri bagi anak. Oleh karenanya, buku cerita anak bergambar umum  ditemukan. Gambar pada buku memudahkan anak untuk memahami cerita, pengenalan beragam bentuk, warna dan dapat menemukan dunia baru dalam imajinasinya. 

baca juga
Jalin Kedekatan dengan Si Kecil Melalui Buku Cerita, Ini Rekomendasinya!

Buku cerita dongeng biasanya memiliki keunikan visual tersendiri. Pembentukan tokoh, tempat dan warna dibuat saat beragam sesuai dengan imajinasi penulis, hal itu membuat anak akan semangat mendengar dongeng.

Walaupun demikian, kualitas buku cerita anak yang baik tidak hanya pada isinya yang bagus dan gambar menarik, tapi juga pada nilai yang didapat anak setelah mendengar kisah-kisah tersebut. Buku cerita rakyat misalnya mengenalkan anak pada kebudayan, karakter kepahlawanan, sikap tolong menolong, perjuangan dan sikap-sikap baik lainnya.

Sehubungan dengan itu penyeleksian konten yang tidak layak juga harus diperhatikan ya Moms. Dalam konteks ini meliputi seksualitas, kelicikan, kedengkian, kesadisan dan bias gender yang menempatkan perempuan sebagai makhluk lemah. Tujuannya tidak lain untuk menciptakan buku layak anak.

Tips Bercerita yang Menarik

Jalin Kedekatan dengan Si Kecil Melalui Buku Cerita, Ini Rekomendasinya!

Membaca buku cerita anak berbeda halnya dengan membaca surat, majalah atau akun gosip lho Moms. Perlu adanya ekspresi, intonasi dan interaksi dengan anak. Ekspresi yang tepat saat membacakan buku cerita akan membuat anak merasakan ketegangan pada cerita tersebut. Tambahan intonasi yang menggelegar saat cerita seru atau intonasi lemah saat cerita misteri akan memahamkan anak akan situasi ceritanya.

Disamping itu, melibatkan interaksi anak akan membuat cerita lebih hidup si kecil juga akan merasakan keseruaan pada tiap plot cerita. Dengan begitu kegiatan mendongeng akan makin asik anakpun akan semakin akrab dan dekat dengan orang tua.

Ritual mendongeng sebelum tidur akan jadi aktifitas yang ditunggu anak. Sebagai orang tua, Moms akan mampu melaksanan peran tersebut dengan memberikan momen-momen berharga melalui bercerita. Mari mendongeng Moms!