Obat Semprot Saline


Saline atau yang juga dikenal dengan nasal spray adalah sejenis obat semprot yang berfungsi untuk mengurangi produksi lendir yang menyebabkan hidung tersumbat. Obat ini aman digunakan untuk bayi, balita dan anak-anak.

Cara menggunakannya cukup mudah. Moms bisa membaringkan si kecil, dongakkan kepalanya, lalu semprotkan Saline pada masing-masing lubang hidung sebanyak 2-3 kali. Tunggu kurang lebih 1 menit. Biasanya bayi akan bersin atau terbatuk untuk mengeluarkan ingusnya. Selain obat semprot, Saline juga tersedia dalam bentuk obat tetes.

Obat Semprot Saline
source: https://www.hellosehat.com


 

Obat Semprot Air Garam


Moms juga bisa membuat sendiri obat semprot alami menggunakan larutan garam. Caranya adalah dengan mencampurkan ¼ sendok teh garam non iodium dan 1/8 sendok teh baking soda dengan segelas air matang. Aduk rata hingga semua bahannya larut. Cairan garam berfungsi untuk memudahkan ingus keluar.

Obat Semprot Air Garam
source: https://www.fimela.com


 

baca juga

Sedot Ingus dengan Bulb Syringe


Ingus sulit keluar meski telah menggunakan obat semprot? Moms bisa mencoba bulb syringe atau alat penyedot ingus untuk bayi. Alat satu ini cocok digunakan untuk bayi yang berusia di bawah 6 bulan.

Cara menggunakannya adalah dengan menekan bagian yang menggembung pada bulb syringe, masukkan pipet ke dalam lubang hidung lalu lepaskan bagian yang ditekan tadi. Ingus otomatis akan tersedot melalui alat tersebut.

Sedot Ingus dengan Bulb Syringe
source: https://www.babycenter.com


 

Menepuk Punggung Bayi dengan Pelan


Bayi 4 bulan terkena pilek dan hidung tersumbat? Cara lain yang bisa moms lakukan adalah dengan menepuk-nepuk punggungnya secara perlahan dalam posisi tengkurap. Ini dapat membantu mengeluarkan ingus yang membuat hidung tersumbat.

Menepuk Punggung Bayi dengan Pelan
source: https://www.hellosehat.com


 

baca juga

Mesin Pelembab Udara (Humidifier)


Moms juga bisa menyalakan pelembab udara atau humidifier, yaitu alat yang berfungsi untuk membuat udara di ruangan menjadi hangat dan lembab. Cara ini dapat menghindarkan ingus menjadi keras sehingga hidung tidak tersumbat. Jika tidak memiliki humidifier, moms bisa menggunakan uap dari air panas. 

Mesin Pelembab Udara (Humidifier)
source: https://www.returnofthestork.com


 

Banyak Konsumsi ASI


Saat bayi 4 bulan mengalami flu, pastikan ia mendapatkan cairan yang cukup. Begitu juga halnya jika bayi 4 bulan terkena batuk, pilek hingga muntah-muntah. Cukup berikan ASI sesering mungkin. Selain mencegah dehidrasi, mengonsumsi banyak cairan dapat membuat mulut serta hidung tetap lembap sehingga lebih nyaman.

Banyak Konsumsi ASI
source: https://www.hellosehat.com

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi bayi 4 bulan yang terkena pilek. Moms juga bisa mengonsultasikannya ke dokter bila perlu. Ingat, jangan berikan sembarang obat untuk bayi tanpa saran dan pengawasan dokter ya moms.