Dilansir dari honestdocs, Yusimox adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernafasan bagian atas dan bawah, infeksi saluran kemih, saluran cerna, kulit dan jaringan lunak. Obat Yusimox merupakan merek dagang dari Amoxicillin yang diproduksi oleh PT Ifars Pharmaceutical Laboratories.

Amoxicillin sendiri adalah antibiotik golongan beta laktam yang termasuk keluarga penicillin. Amoxilin ini aktif terhadap bakteri gram negatif maupun gram positif dan bekerja dengan cara menghambat perkembangan sel bakteri. Antibiotik ini diserap baik dan cepat dalam saluran pencernaan.
Atasi Batuk Pilek Si Kecil, Jangan Sampai Salah Dosis dan Anjuran Konsumsi Yusimox
source: http://harga.web.id
Seperti yang disebutkan diatas, kegunaan Yusimox adalah untuk pengobatan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap amoxicilin, seperti Staphylococcus, Streptococcus, Bacillus anthracis, Salmonella sp, H. influenzae, E. coli, N, gonnorrhoeae dan N. meningitidis.

Obat Yusimox lazim digunakan untuk mengobati:
  • infeksi pada saluran pernafasan : amandel, sinusitis, radang tenggorokan, faringitis, otitis media, bronkitis, bronkiektasis, dan pneumonia.
  • infeksi saluran kemih (ISK) : Pielonefritis, sistitis, uretritis, gonore.
  • infeksi kulit dan jaringan lunak : luka, selulitis, furunkulosis, pioderma.
  • mencegah endokarditis yang disebabkan bakteri pada orang-orang berisiko tinggi saat perawatan gigi
  • mencegah infeksi oleh Streptococcus pneumoniae dan infeksi bakteri lainnya.
Atasi Batuk Pilek Si Kecil, Jangan Sampai Salah Dosis dan Anjuran Konsumsi Yusimox
source: http://everydayhealth.com
baca juga

Obat Yusimox dipasarkan dengan kemasan Yusimox tablet dan Yusimox sirup. Untuk obat Yusimox harganya cukup beragam. Harga Yusimox Amoxicilin 125 mg/5 ml Dry Syrup kemasan 60 ml dijual Rp 7.811, kemudian Yusimox Forte Dry Syrup 60 ml 250 mg/5 ml harganya dibanderol Rp 9.786  dan Yusimox Kaplet 500 mg x 10 x 10’s harganya Rp 52.938. Setiap kemasan obat Yusimox mengandung zat aktif Amoxicilin 500 mg/kaplet dan amoxicilin 125 mg/5ml sirup kering dan 250 mg/5 ml untuk Yusimox Forte. Yusimox merupakan obat keras yang pembeliannya harus ditebus di apotik dengan menggunakan resep dokter. Selain di Apotek K24, Yusimox bisa dibeli di toko obat atau apotik-apotik besar lainnya seperti Kimia Farma atau sebagainya.

Atasi Batuk Pilek Si Kecil, Jangan Sampai Salah Dosis dan Anjuran Konsumsi Yusimox
source: http://halodoc.com
Untuk aturan pakai obat Yusimox, dibedakan sesuai umur dan berat badan :
  • Dewasa: 250-500 mg tiap 8 jam.
  • Anak-anak: 20 mg/kg berat badan per hari dalam dosis terbagi yang diberikan tiap 8 jam. (lebih baik berikan yusimox sirup)
  • Bayi (berat badan < 6 kg) : 0,25 ml - 0,50 ml setiap 8 jam (dengan drops)

Obat Yusimox untuk bayi, baiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Begitu pula dengan anak-anak dan dewasa. Yusimox tergolong obat keras dan harus dengan anjuran dokter.

Obat Yusimox baiknya diminum bersama dengan makanan untuk mengurangi rasa perih pada saluran cerna. Juga untuk Yusimox sirup, sebelum diminum, sebaiknya larutkan Yusimox Dry Syrup terlebih dahulu dengan air minum sampai tanda batas yang diminta. Kemudian kocok hingga larut.

Atasi Batuk Pilek Si Kecil, Jangan Sampai Salah Dosis dan Anjuran Konsumsi Yusimox
source: http://verywellhealth.com
Nah, dari gambaran tentang obat Yusimox di atas cukup jelas ya, Moms? Umumnya obat Yusimox untuk batuk pilek, namun beberapa infeksi juga dapat diatasi oleh Yusimox. Setiap obat selalu punya kontradiksi dan efek samping.

Sebelum membeli obat ini, konsultasikan dulu dengan dokter, Moms karena tidak semua orang cocok dengan Yusimox. Selalu perhatikan anjuran pemakaian dan peringatan ya, Moms! Semoga si kecil cepat sembuh dan bisa beraktivitas lagi!