Kandungan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Misalnya, saponin yang memiliki kemampuan membersihkan dan bersifat antiseptik. Ini juga yang membuat lidah buaya bisa digunakan sebagai obat luka luar.

Lidah buaya juga mengandung semua vitamin kecuali vitamin D. Yang menarik, tanaman ini memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Padahal biasanya vitamin ini terdapat pada makanan hewani. Para vegetarian pun bisa mencukup vitamin B12 dengan tanaman ini.

Kandungan Lidah Buaya
source: https://steptohealth.co.kr/wp-content/uploads/2017/04/How-to-grow-aloe-vera-inside-500x305.jpg

Selain vitamin, lidah buaya juga memiliki kandungan mineral yang cukup lengkap, yaitu kromium, selenium, kalsium, magnesium, sodium, zinc, dan potasium mangan. Meski tidak sebanyak kandungan vitamin, tetapi kandungan mineralnya cukup lengkap.

Lidah buaya juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kombinasinya dengan vitamin C dan E mampu melindungi kulit dengan baik. Kandungan tinggi cairan pada lidah buaya juga mampu menghidrasi tubuh saat dikonsumsi dan menghidrasi kulit saat dioles.

Manfaat Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya sangat banyak dan bahkan jika diolah dengan baik manfaat yang didapat akan semakin banyak.

1. Kesehatan

Salah satu kandungan lidah buaya, yaitu saponin memiliki sifat antiseptik. Hal ini membuat beberapa produk salep luka memakai lidah buaya sebagai bahan utama.

Cairan dalam lidah buaya dapat menyehatkan sistem pencernaan. Kandungannya mampu mengatasi iritasi lambung, meningkatkan kadar air dalam usus, dan menormalkan bakteri sehat dalam usus.

Manfaat Lidah Buaya
source: http://soxak.com/system/photos/2017/5/18/b1a33cc8898f3161223b2b56e8e0ede6/thumb_1495091651.0603843.jpg

2. Kecantikan

Kayanya kandungan pada lidah buaya juga membuat tanaman ini dijadikan bahan utama dalam berbagai produk kecantikan. Tak hanya mampu menghidrasi kulit, lidah buaya juga mampu menetralkan efek UV pada kulit sekaligus memperbaikinya, dan antioksidannya mampu menjaga kulit dari paparan polusi udara.

Akan tetapi, Moms perlu waspada dengan efek samping lidah buaya. Lidah buaya yang Moms ambil dari pot bisa saja menimbulkan efek alergi pada kulit. Jika kulit Moms sensitif, akan lebih baik Moms membeli produk lidah buaya yang telah diolah sebelumnya dan telah jalani tes hypo-allergenic.

baca juga

Cara Mengonsumsi Lidah Buaya

Lidah buaya lebih terkenal dipakai sebagai obat luar atau dipakai dengan dioles langsung ke rambut atau kulit. Akan tetapi, mengonsumsi lidah buaya juga telah lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Mengolah lidah buaya agar bisa dikonsumsi cukup mudah, Moms. Ambil daging lidah buaya dan cuci bersih daging lidah buaya sampai getahnya lepas. Daging lidah buaya masih memiliki rasa pahit karena getahnya yang agak sulit dilepas. Untuk menyiasatinya, Moms bisa merendam daging lidah buaya dengan air putih semalaman. Bisa juga air rendaman itu diberi air perasan jeruk atau lemon.

Cara Mengonsumsi Lidah Buaya
source: https://i.pinimg.com/originals/96/af/27/96af2741e80e453d6a1e70fd6332fe66.jpg

Sekadar saran, kulit lidah buaya sisa olahan tadi, bisa Moms simpan untuk beberapa waktu di dalam kulkas. Moms bisa mengoleskannya pada rambut atau kulit Moms yang iritasi.

Sayangnya, Moms yang sedang mengandung tidak dianjurkan untuk mengonsumsi lidah buaya. Lewat beberapa penelitian, dikabarkan bahwa lidah buaya dapat membuat kontraksi pada rahim sehingga bisa mengakibatkan ibu hamil mengalami keguguran.

Akan tetapi, Moms tidak perlu cemas. Lidah buaya yang diolah dengan baik sangat bagus untuk kesehatan si kecil, lho. Hanya saja jangan sampai terlalu banyak dikonsumsi karena bisa menimbulkan kram perut. Yuk, cari tahu bagaimana lidah buaya bisa menjadi makanan enak bagi si kecil.

Resep Jus Lidah Buaya

Bahan-bahan

- 2 sendok makan lidah buaya yang sebelumnya telah Moms kupas
- 200 ml air putih atau (kira-kira satu gelas belimbing)
- 50 ml air jeruk nipis (bisa diganti lemon atau jeruk)
- Air Gula dan es batu secukupnya

Resep Jus Lidah Buaya
source: https://i.ndtvimg.com/i/2016-11/aloe-vera_620x350_61479457142.jpg

Cara membuat

Campurkan semua bahan di atas ke dalam blender. Nah, jus lidah buaya siap dinikmati.

Sebenarny jus lidah buaya tak hanya bisa dicampur dengan jeruk nipis. Moms juga bisa mencampurnya dengan sirsak, buah naga, lemon, semangka, dan buah lainnya yang menurut Moms cocok dengan lidah buaya. Pada akhirnya, Moms bisa mengkreasikan sendiri mau ditambah apa saja untuk jus lidah buaya ini.

baca juga

Resep Puding Lidah buaya

Bahan-bahan

- 800 ml susu cair atau kira-kira 3,5 - 4 gelas belimbing
- 1/2 bungkus agar-agar bubuk
- 1 sendok teh jeli bubuk
- 150 gram lidah buaya
- 100 gram gula pasir
- 100 ml sirup melon (bisa diganti dengan sirup lain)

Resep Puding Lidah buaya
source: https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/malaysiaserver/temp/images/20180226090427_20180226090427575365577.jpg

Cara membuat

- Campurkan semua bahan ke dalam panci dan masak dengan api kecil.
- Aduk terus dengan pelan sampai larutan puding mendidih.
- Setelah mendidih, dinginkan sebentar dan tuang ke dalam cetakan. Agar penampilannya lebih halus, gunakan saringan saat menuang puding ke dalam cetakan.
- Setelah puding memadat dan panasnya hilang, letakkan di kulkas dan puding lidah buaya siap dikonsumsi.