Mengatasi batuk berdahak pada bayi


Memasuki perubahan musim seperti bulan-bulan sekarang ini membuat daya tahan tubuh jadi melemah moms. Biasanya pada saat seperti ini anak-anak akan lebih mudah terserah batuk dan pilek. Walaupun penyakit ini terkesan sepele tapi sangat menganggu sekali terlebih lagi apabila diderita oleh bayi. 

Bayi menderita batuk pilek pasti membuat kita orang tua menjadi pusing ya moms. Karena bayi belum bisa mengungkapkan keluh kesah. Tapi jangan panik dulu moms ada beberapa cara untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada bayi akibat batuk berdahak. 

Berikut ini adalah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi baru lahir dengan sederhana: 
  1. Uap: Tidak perlu membeli mesin khusus uap untuk melakukan penguapan pada bayi. Moms cukup menyediakan wadah dipojokan kamar isi dengan air panas lalu teteska dengan essential oil, minyak telon, atau minyak kayu putih. Gendong si kecil didekat mangkok agar si kecil bisa menghirup uap nya. 
  2. Menepuk punggung bayi: Menepuk punggung bayi secara perlahan juga bisa membantu si kecil mengeluarkan dahak yang menganggu. Tepuk perlahan dan posisikan si kecil pada paha moms sambil ditepuk-tepuk agar dahaknya bisa mengalir keluar (tidak menyebabkan tersedak) 
  3. Pemberian ASI: Tentu ini adalah salah satu hal yang paling penting. Untuk memastikan si kecil tidak kekurangan cairan berikanlah ASI secara sering berkala. Selain untuk mencegah kekurangan cairan ASI juga mengandung vitamin dan gizi yang membantu si kecil sembuh lebih cepat. 
  4. Berjemur di pagi hari: Matahari pagi akan membantu menghangatkan badan si kecil dan akan membantu keluarnya dahak. Perlu diingat ya moms matahari pagi sebelum jam 10 dan pastikan pada si kecil terlindung dari paparan matahari langsung. 

Selain cara sederhana di atas, moms bisa juga membeli alat penyedot dahak bayi yang sudah banyak dipasaran. Seiring beranjak besarnya si kecil cara di atas masih dapat dilakukan loh moms. Cara mengeluarkan dahak pada bayi 1 bulan kurang lebih sama dengan cara di atas. 

Untuk produk alat penyedot dahak bayi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan moms. Karena memang ada banyak model dari yang manual sampai elektrik. Dari yang harganya 9 ribuan sampai ratusan ribu. 

Yang terpenting jangan diikuti saran menyedot langsung dengan mulut ya moms karena kita tidak tahu bakteri apa yang terkandung dan bisa berpindah melalui mulut. Gunakan alat yang memang sudah dirancangkan saja. 

Mengatasi batuk berdahak pada bayi
source: https://dik.my.id


 

Cara Tradisional Mengeluarkan Dahak


Selain cara-cara di atas ada juga cara tradisional dan natural untuk mengatasi batuk berdahak pada bayi. Cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan bawang putih atau cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan daun sirih. 

Cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan bawang putih tidak semengerikan yang dibayangkan kok mom. Salah satu caranya adalah dengan merebus bawang putih dengan jahe dan gula. Jangan terlalu banyak ya moms kalau untuk si kecil karena kalau terlalu banyak si kecil malah akan merasa tidak nyaman karena terlalu pedas.

Cara Tradisional Mengeluarkan Dahak
source: https://www.orami.co.id

Sedangkan cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan daun sirih sudah dikenal luas di masyarakat Indonesia dan memang sudah terbukti manjur. Caranya juga mudah moms cukup kukus atau rebus daun sirih (jangan sampai terlalu panas) lalu oleskan dada si kecil dengan vicks atau balsem lalu tutupi dengan daun sirih yang sudah dikukus/rebus. Biasanya setelah 10-20 menit dahak si kecil akan keluar dengan sendirinya. 

Selamat mencoba ya moms dan semoga kesehatan selalu menaungi kita semua.