Pisang Kepok

Moms, tahu enggak sih kalau pisang kepok asalnya dari Filipina. Biasanya, mereka menyebutnya dengan Saba, Sab-a, atau Cardaba. Pisang ini juga dikelompokkan sebagai kultivar ABB artinya pisang jenis ini termasuk ke dalam kelompok pisang yang dapat diolah karena mengandung pati yang tinggi. Pisang ini sering diolah menjadi berbagai macam camilan, mulai dari keripik, ataupun hanya direbus saja.

Karena pisang ini dapat dioleh, pastinya mengandung nutrisi yang baik. Dalam satu buah pisang kepok mengandung kalium, magnesium dan mangan yang cukup tinggi, serat, vitamin B6 dan C seta asam folat. Pisang ini juga dapat meredakan penyakit Maag akut, mengobati diabetes, batuk darah, serta dapat membantu menurunkan berat badan.

Pisang kepok ada dua jenis yaitu, pisang kepok putih dan kuning, yuk kita cari tahu perbedaannya, Moms!

Pisang Kepok Putih

Bagi para pecinta burung, pisang kepok sudah tidak asing lagi, karena pisang adalah makanan favorit si burung kicauan, seperti cucak hijau, jengot, cucak rowo, pleci, trotokan, kepodang, betet, dan burung kicauan lainnya.

Tapi, favorit si burung kicauan adalah jenis pisang kepok putih karena rasanya lebih enak dan gurih. Sedangkan, untuk pisang kepok kuning, burung kurang menyukainya, karena mudah menempel di paruh burung ketika dimakan.

baca juga

Ciri-Ciri Pisang Kepok Putih

Ini dia Moms, ciri-ciri pisang kepok putih agar mudah membedakan saat membelinya:
1. Ukurannya lebih kecil dibandingkan pisang kepok kuning.
2. Kulitnya tipis.
3. Daging buahnya empuk.
4. Kurang enak disantap, cocok untuk santapan burung.

Pisang Kepok Kuning

Pisang kepok kuning atau yang biasa disebut juga pisang kepok merah, juga punya manfaatnya sendiri. Bahkan menjadi obat untuk penyakit batuk darah lho, Moms. Selain itu, pisang kepok kuning ini juga bisa membantu menjaga kadar gula darah, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes dan kencing manis.

Pisang ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam camilan Moms, seperti keripik, kolak, kue, pisang goreng, dan berbagai macam olahan lainnya.

baca juga

Ciri-Ciri Pisang Kepok Kuning

Jangan salah pilih pisang kepok ya, Moms. Ini dia ciri-ciri pisang kepok kuning yang bagus untuk diolah:
1. Ukurannya lebih besar daripada pisang kepok putih.
2. Kulitnya tebal.
3. Isinya padat.
4. Rasanya lebih enak dan manis, cocok untuk dibuat olahan makanan.

Nah itu dia Moms, ciri-ciri pisang kepok putih dan kuning agar Mommies di rumah enggak salah beli, serta manfaatnya yang baik untuk manusia dan juga burung kicau.