Anak-anak di bawah umur adalah target yang paling banyak dicari oleh para pelaku pedofil yang kapan saja bisa mengancam nyawa dan masa depan anak. Terlebih psikis anak-anak korban pelecehan seksual juga tak mudah untuk disembuhkan karena membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Peran orang tua sangatlah penting untuk mengembalikan rasa percaya diri, dan mental anak untuk norma seperti sedia kala. Berikut ini beberapa tips untuk memulihkan Kondisi Anak yang Pernah Mengalami Pelecehan Seksual. Simak ulasannya yuk Moms!


1. Hipnoterapi

Hipnoterapi adalah salah satu metode untuk menangani dan mengembalikan psikis anak-anak korban pelecehan seksual pada anak agar kembali normal. Cara ini tentunya dilakukan oleh terapis yang memang ahli dalam bidangnya dan dipercaya dapat mengembalikan kondisi mental dan psikis anak yang terganggu. 
source: https://4.bp.blogspot.com


 

2. Ajak Anak Melakukan Kegiatan yang Membuatnya Senang

Salah satu cara untuk mengembalikan kondisi psikis anak korban pelecehan seksual adalah mengajaknya melakukan kegiatan yang disukai. Misalnya anak anda hobi menggambar, ajak ia ke tempat menyenangkan dan penuh ketenangan untuk menggambar atau melukis. Selain itu anda juga bisa mengajak anak ke tempat wisata alam atau taman bermain untuk merilekskan pikiran dan melupakan sejenak trauma yang ia alami. 

source: http://happyplay.org


 

baca juga

3. Berikan Perhatian Lebih

Anak dengan kondisi psikis yang terganggu akibat pelecehan seksual pada anak biasanya ingin selalu ditemani dan selalu dekat dengan keluarga. Berikan perhatian yang lebih dan selalu ajak berbicara tentang apapun agar ia sedikit mengalihkan rasa trauma psikis yang ia alami. 

source: https://media.licdn.com


 

4. Berikan Anak Kesibukkan

Selain bersekolah formal, berikan anak anda kesibukan lainnya seperti kursus-kursus yang sesuai dengan bakat atau hobinya. Jika anak memiliki kesibukkan yang membuatnya senang, maka hal tersebut secara perlahan akan mengembalikan kondisi psikis seperti sedia kala. 

source: http://www.sahabatyatim.com