Nasi jagung atau biasa disebut nasi empog merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berbahan dasar jagung yang telah tua dan ditumbuk. Dengan harga yang tidak mahal nasi jagung memiliki kandungan nutrisi tinggi daripada nasi putih biasa yang malah memiliki kadar gula yang tinggi.

Kandungan karbohidrat pada nasi jagung merupakan bentuk karbohidrat kompleks. Saluran pencernaan akan mencerna karbohidrat kompleks secara lambat. Hal ini bisa menyebabkan kadar gula dalam tubuh mengalami kenaikan secara lambat pula. Dengan mengkonsumsinya membuat rasa kenyang dalam perut akan bertahan lebih lama, sehingga menjadikan karakteristik makanan yang terbuat dari jagung sangat bermanfaat bagi penderita diabetes dan juga orang-orang yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Nasi jagung memilki rasa khas yang gurih. Saat makan nasi jagung seakan-akan perut tidak punya rasa kenyang. Bagi pelaku diet, nasi jagung untuk diet bisa menjadi pengganti nasi putih. Karbohidrat pada jagung juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh sebagai sumber mineral, vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang menjaga jantung tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolestrol, dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh sehingga manfaat nasi jagung untuk kesehatan sangat baik. Oleh karena itu, mari Moms kita ketahui lebih dalam manfaat nasi jagung dan resep nasi jagung untuk makanan sehat kita.

Manfaat Nasi jagung

Jagung mengandung sejumlah senyawa bioaktif yang diyakini memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Jagung juga mengandung serat pangan yang dibutuhkan tubuh (dietary fiber) dengan indeks glikemik (IG) relatif rendah dibanding beras dari padi sehingga beras Jagung menjadi bahan anjuran bagi penderita diabetes.

Jagung juga sebagai sumber serat yang sangat baik sehingga sehat untuk sistem pencernaan.
Dalam satu cangkir jagung mengandung 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena kaya akan serat, mamakan jagung dapat mencegah sembelit, wasir, dan risiko kanker usus besar.
 
Oleh karena itu, nasi jagung memiliki banyak  manfaat yang diperlukan bagi kesehatan tubuh. Karena nasi jagung memiliki jumlah nutrisi yang cukup tinggi. Nasi jagung juga dikenal kaya akan jumlah zat phytochemical, yang memiliki peran untuk memberikan perlindungan tubuh dari beberapa penyakit kronis. Beberapa manfaat untuk kesehatan yang diperoleh dari nasi jagung adalah sebagai berikut: 
 

  • Sebagai pengganti nasi untuk menghasilkan energi
Nasi jagung makanan pokok yang dapat dijadikan sebagai alternatif penghasil energi dalam tubuh. Karena bahan dasar pembuatnya dari jagung yang merupakan sumber yang kaya akan kalori. Kandungan kalori yang terdapat dalam nasi jagung berkisar 345 per 100 gramnya.
  • Mengatasi gangguan pencernaan
Kandungan serat yang terdapat dalam nasi jagung dapat memenuhi sekitar 18.4% dari jumlah yang disarankan perharinya. Serat merupakan zat yang berfungsi untuk membantu masalah buang air besar, yaitu dengan cara merangsang gerak peristaltik dan bahkan merangsang produksi asam lambung, dan empedu.
  • Mengatasi diare
Kandungan serat dalam manfaat nasi jagung juga dipercaya mampu mengurangi kemungkinan Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan diare.
  • Menurunkan risiko penyakit kanker
Kandungan serat dalam nasi jagung mampu menurunkan risiko terjadinya kanker usus besar. Selain itu, nasi jagung juga kaya akan kandungan asam fenolik, yaitu senyawa ferulic yang menjadi agen anti kanker. Dimana senyawa ini telah terbukti efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati. Kandungan anthocyanin yang terdapat dalam nasi jagung juga mampu memerangi radikal bebas yang menjadi pemicu penyebab kanker.
  • Menjaga kesehatan tulang
Kandungan kalsium, fosfor, serta magnesium dalam dalam nasi jagung dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Dengan mengatur pertumbuhan tulang secara normal serta menaikkan tingkat kekuatannya.
  • Mencegah terjadinya anemia
Kandungan zat besi dalam olahan jagung dapat membantu mencegah anemia, karena senyawa ini mampu membantu produksi sel-sel darah merah dalam tubuh.
  • Menjaga kesehatan fungsi ginjal
Kandungan mineral seperti forfor dalam manfaat nasi jagung juga sangat penting untuk menjaga kinerja fungsi organ ginjal agar tetap dalam kondisi normal.
Manfaat Nasi jagung
baca juga

Resep Nasi Jagung

Nasi jagung goreng merupakan salah satu resep masakan jagung tradisional sedap dan enak yang disukai banyak orang, banyak manfaat kesehatan yang terkandung dalam nasi jagung goreng. Mari Moms simak resepnya, berikut ini:

  • 500 gram nasi putih
  • 2 buah (350 gram) jagung manis rebus pipil
  • 100 gram udang yang telah dibersihkan
  • 2 butir telur kocok
  • 4 siung bawang putih cincang kasar
  • 2 cabai merah 
  • 1 sendok makan ebi seduh
  • campuran sayuran
  • kecap ikan secukupnya
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 batang daun bawang iris
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Setelah bahan siap, tumis bawang putih, cabai merah, dan ebi sampai harum. Masukkan udang. Aduk sampai berubah warna. Kemudian sisihkan di pinggir wajan. Lalu tambahkan telur, aduk sampai merata. Masukkan nasi dan jagung manis, aduk rata berserta campuran sayur.
Masukkan kecap ikan, garam, dan merica bubuk. Aduk sampai matang dan tambahkan daun bawang. 

Resep Nasi Jagung
source: https://resepnusantara.id/