Ayo Ajak Anak Berbicara!

Sejak kecil, coba ajarkan anak mengenai sentuhan yang positif dan yang mengarah ke pelecehan seksual. Katakan padanya bahwa ada bagian-bagian tubuhnya yang sangat pribadi dan tidak boleh disentuh oleh orang lain. Biasanya di usia 3 tahun, anak sudah bisa memahami mengenai organ genitalnya yang perlu dijaga. Tegaskan jika di area itu, sama sekali tidak boleh disentuh orang lain, kecuali orangtua dan dokter saat memeriksanya. 


 

source: https://www.babble.com


 

Gunakan Nama Asli untuk Bagian Tubuh yang Sangat Pribadi

Jangan sungkan untuk memberitahu anak mengenai nama-nama untuk bagian tubuhnya yang sangat pribadi. Karena kalau kamu menggantinya dengan label lain yang terdengar lucu, malah akan akan berpikiran bahwa ada sesuatu yang aneh dan lucu pada bagian tubuh mereka, dan kemungkinan besar tidak akan memberitahukan jika ada orang lain yang menyentuhnya. Tetap gunakan kata "penis", "testis", "vulva", "vagina" dan "payudara" saat mengajarkan anak mengenal bagian-bagian tubuhnya. 

 

source: https://www.todaysparent.com


 

baca juga

Tetap Waspada dengan Orang yang Cukup Dekat dengan Anak

Selama ini orangtua selalu berhati-hati dan waspada dengan orang asing. Bahkan mengingatkan anak untuk tidak dekat-dekat dengan orang dikenalnya. Memang orang asing perlu diwaspadai, namun jangan hal itu membuatmu jadi lengah dengan orang-orang sekitar yang cukup dekat anak. Waspadalah setiap waktu ya, Moms!

 

source: https://www.babycenter.com


 

Nasehati Anak untuk Tidak Menyembunyikan Rahasia

Salah satu hal yang sering dikatakan pelaku pelecehan seksual atau predator kepada anak adalah, "Ini rahasia kita. Jangan bilang kepada siapa-siapa karena kalau ibumu tahu maka ia akan marah besar." Nah, ajari anak untuk selalu terbuka dan tidak menyimpan rahasia. Kalau ia menyimpannya, maka pelecehan seksual yang dialaminya tidak bisa tertangani. 

 

source: https://asifmustafa.wordpress.com


 

baca juga

Percaya pada Anak Sendiri

Tips mencegah pelecehan seksual pada anak berikutnya adalah membangun komunikasi yang baik dan kepercayaan kepada anak. Apabila kamu selalu mempertanyakan hal-hal yang ia katakan, maka kemungkinan anak akan enggan mengungkapkan apa yang ia alami, termasuk sentuhan tidak pantas dari orang dewasa di sekitarnya. 
 

source: https://www.todaysparent.com