Aneka Makanan Khas Lamongan

Banyak sekali makanan khas daerah yang sangat diminati banyak orang. Salah satunya adalah makanan khas daerah Lamongan. Kabupaten Lamongan yang bertepatan diantara Mojokerto dan  Jombang ternyata menyimpan beragam makanan khas yang menggugah selera. Yuk moms, kenali lebih banyak makanan khas lamongan untuk dinikmati.

 

Aneka Makanan Khas Lamongan

Soto Lamongan

Moms, siapa yang tidak kenal soto Lamongan? Makanan khas Lamongan yang menjadi ikon ini cukup diminati oleh khalayak umum. Adapun ciri khas yang paling nampak dari soto Lamongan yaitu berkuah kuning dengan serangkaian rempah-rempah yang khas dan menghadirkan aroma yang gurih. 

Selain itu. terdapat suwiran daging ayam di atasnya beserta irisan kol, mie bihun, daun bawang, irisan telur dan bawang goreng yang menambah cita rasa soto lamongan semakin gurih. Biasanya sebagai pelengkap, ditambahkan irisan jeruk nipis dan sambal yang menambahkan sensasi pedas. 

Soto Lamongan

Di Lamongan, moms bisa mendapatkannya dengan harga yang beragam. Kisaran 10.000-25.000 per porsi. Tentu dengan berbagai fasilitas yang diberikan dari tempat makan yang dituju.

baca juga

Pecel Lele Lamongan

Makanan khas Lamongan selanjutnya adalah pecel lele. Pecel yang dimaksud disini bukan sayuran yang disiram sambal kacang di atasnya. Tetapi istilah pecel lele di Lamongan adalah ikan lele yang digoreng dadakan dengan didampingi sambal terasi dan tomat yang dihaluskan dengan cara di uleg, bisa juga diikuti dengan sayuran lalapan. Seperti kol, kemangi sebagai penyedap dan mentimun. 

Menurut sejarahnya, nama pecel sendiri konon berasal dari kata pecek yang berarti dipenyet atau ditumbuk. Dimana mengacu pada sambal yang biasanya disajikan dengan cara dipenyet atau dibalur di atas lauk utama. Tidak hanya pecek lele saja, tapi juga ada pecek ayam, pecek telur, pecek terong, dan lainnya. 

Pecel Lele Lamongan

Pecel lele tersebut pun dijual di warung-warung kaki lima di pinggir jalan, moms. Harganya kisaran Rp20.000. Ikan lele yang digoreng dadakan menjadikan gurihnya terasa. Pembeli pun bisa memilih digoreng kering atau basah, menjadikan makanan ini lebih menyenangkan dan sesuai dengan keinginan.

Wingko Babat Lamongan

Nah, selanjutnya adalah makanan yang biasa digunakan sebagai buah tangan atau oleh-oleh khas Lamongan. Makanan tersebut adalah wingko dari Lamongan yang biasa disebut dengan wingko babat Lamongan. Wingko babat merupakan makanan tradisional yang terbuat dari ketan dan kelapa. 

 

Wingko Babat Lamongan

Makanan ini berbentuk bulat dengan warna kecoklatan. Rasanya gurih dan legit. Seringkali makanan ini digunakan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan domestik maupun mancanegara ketika berkunjung ke Lamongan. Harganya pun terjangkau moms, mulai Rp10.000 berisi 15 biji. Namun moms juga harus hati-hati ketika membeli, coba cicipi dulu agar terhindar dari wingko yang kadaluarsa atau tengik.