Selain itu, lidah buaya juga memiliki manfaat-manfaat hebat lain untuk kulit tubuh dan wajah, mencegah dan mengobati jerawat, mengobati luka bakar, juga untuk dikonsumsi sebagai pereda panas dalam, antioksidan dan memperlancar sistem pencernaan.

Namun, di antara beragam manfaatnya, ternyata ada beberapa efek samping lidah buaya yang harus kita ketahui agar kesehatan kita selalu terjaga tatkala mengonsumsi tanaman eksotis kaya manfaat ini.

Lidah Buaya, Si Eksotis Kaya Manfaat dan Efek Sampingnya yang Wajib Kita Ketahui

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan telah lama dikenal oleh masyarakat luas. Sebagai penyubur rambut, lidah buaya menempati posisi pertama rekomendasi bahan alami yang dipercaya menjadi solusi mengatasi kerontokan dan kebotakan.

Karena kandungan vitamin E-nya, lidah buaya atau Aloe vera dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut serta memperkuat akar rambut. Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan kesuburan rambut, berkat kandungan vitamin E dan fungsi antioksidannya, penggunaan lidah buaya untuk wajah dipercaya dapat berfungsi sebagai detoksifikasi alami kulit wajah dari racun dan zat-zat kimia yang menempel pada kulit wajah.

Selain itu, penggunaan lidah buaya untuk jerawat juga telah dikenal keampuhannya sebab kandungan vitamin C yang dapat membantu mengempeskan dan mengeringkan luka akibat jerawat.

Namun, di antara manfaat-manfaatnya ternyata belum banyak yang mengetahui bahwa lidah buaya juga memilki beberapa efek samping yang harus diperhatikan dalam penggunaan lidah buaya secara kontinyu untuk kesehatan dan kecantikan.

Nah, apa saja sih, Moms manfaat dan efek samping lidah buaya yang harus kita ketahui agar penggunaan lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan tidak menimbulkan efek negatif bagi diri kita? Yuk, kita simak ulasannya!


 

Antara Manfaat dan Efek Samping, Dua Sisi Si Hijau Aloe Vera yang Wajib Kita Ketahui


Di antara beragam manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan yang telah dikenal, lidah buaya ternyata juga memiliki potensi efek samping yang belum banyak diketahui sebagian orang. Dalam penggunaan lidah buaya untuk rambut, contohnya. Menggunakan cairan atau gel lidah buaya secara rutin memang dipercaya dan sering terbukti dapat menghentikan kerontokan serta merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat dan subur.

Namun, siapa yang menyangka bahwa dalam penggunaannya untuk solusi rambut rontok, efek samping lidah buaya juga mengancam kita apabila tidak mengetahui takaran dan cara yang tepat dalam penggunaannya. Salah satu efek sampingnya adalah alergi dan rasa gatal pada kulit kepala. Selain itu, masih ada beberapa efek samping lain yang harus kita ketahui dalam penggunaan lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan. Apa sajakah manfaat dan efek samping lidah buaya tersebut? 

 

Antara Manfaat dan Efek Samping, Dua Sisi Si Hijau Aloe Vera yang Wajib Kita Ketahui


 

baca juga

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan dan Kesehatan


1. Sebagai Penyubur Rambut
Berfungsi sebagai penyubur rambut, gunakan lidah buaya dengan mengoleskan gel yang didapat dari daging lidah buaya pada kulit kepala. Waktu terbaik mengoleskan cairan lidah buaya adalah menjelang tidur atau sebelum mandi dan mencuci rambut, agar kandungan vitamin E dapat terserap sempurna hingga ke akar rambut.

2. Lidah Buaya untuk Wajah, Mencerahkan dan Menyehatkan Kulit Wajah
Melalui fungsi vitamin C dan antioksidannya, lidah buaya bermanfaat untuk mencerahkan, melembabkan dan menyehatkan kulit wajah. Cara penggunaan lidah buaya untuk wajah yang populer adalah dengan menggunakannya sebagai masker dengan frekuensi pemakaian 1-2 kali dalam sebulan.

3. Mengobati Luka Bakar
Manfaat lidah buaya berikutnya adalah mengobati luka bakar dengan cara mengoleskan bagian yang terkena luka bakar dengan cairan lidah buaya.

4. Mengobati Jerawat
Manfaat lidah buaya untuk jerawat telah teruji sebab kandungan vitamin C-nya yang membantu mengempeskan dan mengeringkan luka akibat jerawat. Oleskan gel lidah buaya pada jerawat yang tumbuh sebelum tidur dan bilas keesokan harinya. Lakukan secara berkala hingga jerawat sembuh.

5. Menanggulangi Panas Dalam dan Memperlancar BAB
Lidah buaya tak hanya bermanfaat bagi kecantikan, namun juga kesehatan. Panas dalam dan sembelit ternyata dapat ditanggulangi dengan mengonsumsi daging lidah buaya dalam bentuk jus atau minuman sari lidah buaya.

6. Menurunkan Kolesterol
Gejala kolesterol tinggi ternyata juga dapat diturunkan resikonya dengan konsumsi lidah buaya secara rutin. Lidah buaya bekerja ampuh menurunkan kadar trigliserida dalam darah sehingga kolesterol dan kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik.

7. Memperbaiki Imunitas Tubuh
Berbekal fungsi antioksidan dan vitamin C-nya konsumsi lidah buaya dalam bentuk jus atau minuman sari buah lidah buaya ternyata baik untuk meningkatkan vitalitas dan imunitas tubuh. Mencegah sakit flu di musim pancaroba sangat ampuh jika dilakukan dengan konsumsi rutin lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan dan Kesehatan

Nah, itulah berbagai manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan. Jika melihat dari manfaatnya, lidah buaya memang sangat disarankan untuk dikonsumsi dan dipergunakan sebagai bahan herbal alami yang dapat mendukung kesehatan keluarga kita. Namun, beberapa efek samping berikut ini sebaiknya juga menjadi kewaspadaan kita, Moms! Apa sajakah efek sampingnya?

Efek Samping Lidah Buaya

1. Menyebabkan alergi kulit
2. Diare dan gangguan pencernaan
3. Gangguan tekanan darah rendah
4. Menurunkan gula darah secara drastis
5. Dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit
6. Komplikasi pada ibu hamil dan menyusui
7. Gangguan pada hati dan ginjal

Wah ngeri juga ya, Moms efek samping lidah buaya jika kita tidak menggunakannya sesuai takaran yang disarankan? Efek samping yang terjadi ternyata disebabkan oleh beberapa kandungan dalam lidah buaya yang sebenarnya bermanfaat, namun terserap dalam tubuh secara berlebih.

Contohnya pada potensi efek samping lidah buaya pada organ hati, ternyata disebabkan oleh beberapa senyawa bioaktif yang dimiliki oleh lidah buaya, seperti C-glycoside, anthrone, lectin dan anthraquinone yang dapat mengintervensi kinerja detoksifikasi alami organ hati. Selain itu, potensi efek samping lidah buaya bagi ibu hamil dan menyusui disebabkan oleh efek lidah buaya yang memicu terjadinya kontraksi pada uterus yang dapat memicu pendarahan dan keguguran spontan pada ibu hamil, serta gangguan pencernaan pada bayi yang mengonsumsi ASI.

Memanfaatkan khasiat alami tanaman di sekitar kita memang baik, Moms. Tetapi, jika kita sudah mengetahui bahwa ada efek samping yang harus diwaspadai bahkan dari bahan-bahan alami, maka penggunaan dan konsumsi apapun itu mesti diperhatikan kandungan dan efeknya ya, Moms. Jangan sampai manfaat kebaikan alam justru berbalik menjadi resiko berbahaya sebab kelalaian kita dalam penggunaannya.

Salam sehat!