Nah, Moms jika tak ingin anak tersayang terkena batuk apalagi batuk yang berdahak, sebaiknya kita harus menghindari beberapa makanan yang menyebabkan batuk. Apa saja sih makanan yang dapat menyebabkan batuk? Simak di sini ulasannya yuk Moms. 

1. Es yang Menggunakan Pemanis Buatan

Saat ini banyak sekali dijual produk es atau minuman yang menggunakan pemanis buatan. Pemanis tersebutlah yang menyebabkan batuk pada anak lho Moms. Apalagi es yang dijual di pasaran belum tentu menggunakan air yang matang. Jika ingin memberikan anak es, sebaiknya membuat sendiri di rumah seperti es susu atau es buah yang menggunakan gula pasir murni ya Moms. 

source: https://cdn.idntimes.com


 

2. Gorengan 

Gorengan seperti tahu, tempe, pisang dan sebagainya yang dibeli di luar sebaiknya dihindari dulu ya Moms. Zat akrolein ini yang muncul saat proses penggorengan ini menyebabkan batuk dan gatal pada tenggorokan. Sebaiknya berikan makanan yang dipanggang atau direbus agar si kecil tidak terkena batuk. 

source: http://m1.i.pbase.com


 

baca juga

3. Produk dengan Olahan Susu

Makanan dengan olahan susu seperti yogurt, keju, dan es krim sebaiknya jangan dulu diberikan kepada si kecil. Dikarenakan produk dengan olahan susu ini dapat meningkatkan produksi lendir yang dapat menyebabkan dan memperparah batuk pada anak. 

source: http://www.30abikerentalsandicecream.com


 

4. Makanan Kemasan

Makanan ringan seperti keripik, chiki, atau kerupuk, jauhkan dulu dari buah hati anda. Biasanya makanan kemasan banyak mengandung MSG dan bahan-bahan pengawet yang menyebabkan tenggorokan menjadi gatal. 

source: http://lagizi.com/wp-content