Kentang Merah

Kentang Merah

Terdengar cukup asing ya Moms di telinga ketika mendengar kentang merah. Wajar saja, karena ternyata kentang merah yang tumbuh subur di dataran tinggi Dieng ini termasuk umbi-umbian langka lho, Moms. Terus apanya yang merah? Sesuai namanya, kentang merah ini memang memiliki warna kulit yang merah. Walaupun demikian, isi dagingnya tetap sama kok Moms, dengan kentang biasa. Lalu apa sih yang istimewa dari kentang merah ini? Keep on reading, Moms!

Khasiat Kentang Merah

Khasiat Kentang Merah
Kentang merah memiliki kandungan gizi yang beragam dan lebih banyak lho dibandingkan kentang putih biasa. Lalu apa saja kandungannya?
  1. Thiamin, berperan penting dalam pencernaan karbohidrat dari makanan ke produk yang diperlukan oleh tubuh.
  2. Vitamin B6, merupakan salah satu vitamin B kompleks yang berperan penting untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.
  3. Vitamin C, berperan penting untuk kesehatan kulit, gigi dan gusi.
  4. Kalium, berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah.
Tak hanya dagingnya, ternyata kulit kentang merah pun memiliki antioksidan dua sampai tiga kali lebih banyak dibandingkan kentang putih. Kenapa bisa begitu? Karena warna merah yang terdapat pada kulit kentang mengandung anthocyanin yang tinggi. Senyawa ini merupakan antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas lho.
baca juga

Manfaat Kentang Merah untuk Diet

Manfaat Kentang Merah untuk Diet

Hayo siapa disini yang sedang merencakan untuk mengurangi berat badan tapi bingung harus makan apa aja? Tenang Moms, ternyata kentang merah ini sangat baik lho untuk program penurunan berat badan. Kentang merah memiliki kadar air dan karbohidrat yang tinggi Moms, meskipun begitu kalori yang terkandung dalam kentang merah lebih rendah dibandingkan kentang putih. Karena kandungan ini lah Moms, kentang merah dapat membuat Moms kenyang lebih lama.

Selain itu, keistimewaan dari kentang merah adalah karbohidrat yang terkandung merupakan karbohidrat kompleks lho, Moms. Karbohidrat kompleks ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan energi untuk menghancurkan dan mengurangi resiko timbunan lemak karena kelebihan gula.

Kabar baiknya lagi nih, Moms. Ternyata kentang merah ini kaya akan kandungan serat. Moms bisa mengkonsumsi kentang merah beserta kulitnya. Karena tak main-main, kulit dari kentang merah ini lah sumber serat yang alami. Gimana Moms, tertarik untuk mencoba?

Manfaat Kentang Merah untuk Bayi

Manfaat Kentang Merah untuk Bayi

Moms, bukan hanya orang dewasa lho yang dapat mengkonsumsi kentang merah ini. Ternyata kentang merah ini baik juga untuk dijadikan salah satu bahan MPASI si kecil. Selain kaya akan vitamin yang sangat baik untuk pertumbuhan si kecil, tekstur dari kentang merah yang lebih lembut ini juga pastinya sangat bersahabat dengan pencernaan si kecil. Enggak perlu ragu lagi ya, Moms untuk mencoba kentang merah dan rasakan manfaatnya!

baca juga

Harga Kentang Merah

Harga Kentang Merah

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari kentang merah, pastinya Moms langsung ngiler pengen coba kan? Tenang Moms, Moms bisa menemukan kentang merah ini di beberapa supermarket dengan harga kurang lebih Rp.22.900/kg. Cukup terjangkau bukan Moms untuk menikmati kentang merah kaya manfaat ini. Selamat mencoba, Moms!