Perlukah Anak Tidur Siang?

Manfaat Tidur Siang Bagi Buah Hati, Sudahkah Moms Tahu?

Tidur siang bagi anak memang menjadi kebutuhan. Kalau anak penuh aktifitas di pagi hari, maka semangatnya akan turun dan bertambah mudah lelah ketika mulai siang. Jadi, memberikan waktu istirahat membuat mereka semakin fresh dan siap untuk aktifitas selanjutnya.

Disamping itu dari sisi psikologis, tidur siang anak mengajarkan cara mengelola waktu serta mengenalkan akan arti disiplin. Namun faktanya umur 4 tahun hanya sekitar 50% anak-anak yang masih rutin tidur siang dan sekitar 30% pada usia anak 5 tahun.

Padahal masuk usia 3-5 tahun balita membutuhkan waktu tidur antara 10 hingga 13 jam. Pada anak usia sekolah umur 6-13 tahun butuh waktu 9 hingga 11 jam. Kekurangan waktu tidur dan tidak tidur siang bisa menyebabkan anak terkadang rewel di siang hari lho Moms.

Manfaat Tidur Siang Bagi Buah Hati

Manfaat Tidur Siang Bagi Buah Hati, Sudahkah Moms Tahu?

Tidur siang untuk tumbuh kembang anak sangat penting. Saat anak tidur siang hormon pertumbuhannya akan meningkat. Hal ini berkaitan dengan hormon H-GA (Human-Growth Hormone)  yang bekerja lebih optimal mengalir dalam darah pada saat anak tidur siang.

Manfaat tidur siang lain menurut Kim West, MD, dalam bukunya The Sleep Lady Good Night, Sleep Tight: Gentle Proven Solutions to Help Your Child Sleep Well and Wake Up Happy terungkap bahwa anak akan merekam kembali semua hal-hal yang ia pelajari saat mereka tidur. Sehingga saat bangun dan cukup tidur, anak akan dengan mudah mengingat kembali ingatan dari hal yang dipelajari.  Jadi stimulus kecerdasan anak akan bertambah ya, Moms.

baca juga

Tips & Trik Agar Anak Mau Tidur Siang

Dampak buruk melewatkan tidur siang yang bagi anak akan memberikan pengaruh pada kesehatannya. Archives of Pediatrics and Adoloscent Medicine tahun 2010 mengungkapkan, anak di bawah usia 5 tahun yang tidur kurang dari 10 jam sehari akan berisiko mengalami obesitas. Berkaitan dengan hal tersebut akan muncul penyakit lain seperti diabetes. 

Pada prinsipnya, tidak cukup tidur karena tidak tidur siang berpengaruh pada kecakapan anak menerima stimulasi. Karenanya, Moms perlu trik dan tips untuk membuat si kecil tidur siang. Pertama, ajaklah anak tidur beberapa saat setelah anak makan siang sebab anak cenderung malas bergerak sesudah makan. Kedua, jadwalkan tidur siang secara konsisten. Sebenarnya tujuannya agar anak semakin disiplin waktu. Ketiga, ajarkan anak untuk tidur sendiri. 

Manfaat Tidur Siang Bagi Buah Hati, Sudahkah Moms Tahu?

Keempat, berikan reward jika anak mau tidur siang, misalnya si kecil bisa lanjut bermain sesudah bangun tidur siang. Membujuk anak untuk tidur siang memang sulit, tapi memaksanya mereka hanya membuat mereka pura-pura untuk tidur saja lalu bermain di kamarnya.

Sebaiknya, siapkan tempat tidur nyaman, antar anak ke tempat tidur temani atau bacakan buku cerita hingga anak bisa tertidur menjadi cara praktis merutinkan anak tidur siang. Ayo Moms, mulai biasakan anak untuk tidur siang.