Penyakit Kista Payudara

Kista adalah tumor jinak yang terbungkus selaput. Kista biasanya berisi cairan kental, bahkan nanah, dan ada juga yang isinya hanya angin. Kista sendiri bisa muncul dibagian tubuh mana saja. Ukurannya juga beragam, dari sangat kecil sampai besar yang dapat menghimpit organ tubuh yang ada di dekatnya.

Wanita sangat rentan terkena kista di bagian payudara. Kista biasanya berbentuk benjolan bulat atau lonjong yang berisi cairan dan tumbuh pada jaringan payudara. Jangan khawatir, Moms, walaupun kista adalah tumor, namun kista tidak mengandung sel kanker atau bisa dikatan bahwa kista bersifat jinak.

Penyakit Kista Payudara

Gejala Kista Payudara

Kista payudara biasanya diderita oleh wanita berusia 35-50 tahun. Gejala kista yang paling umum adalah benjolan yang dirasa disekitar payudara, dan payudara terasa sangat nyeri. Benjolan akan terasa membesar saat akan datang bulan dan terasa mengecil saat selesai datang bulan. Gejala lain yang lebih terlihat adalah keluarnya cairan putih, kuning, bahkan kecokelatan dari puting susu.

baca juga

Penyebab Kista Payudara

Kista payudara belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, banyak penelitian yang mengatakan bahwa penyebab kista payudara adalah karena tingginya hormon esterogen di dalam tubuh sehingga memacu perubahan jaringan payudara yang membentuk kista. Adanya perubahan hormon dalam siklus menstruasi juga berkaitan dengan penyebab munculnya kista.

Penyebab lainnya yang dapat memicu munculnya kista adalah makanan. Di zaman yang sudah modern ini, sangat banyak makanan yang tidak jelas kandungannya dan juga bahan pokoknya. Gaya hidup mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat memicu munculnya kista payudara.

Makanan Instan

Makanan Instan

Makanan instant sudah sangat menjamur. Seperti makanan kalengan, buah kalengan, sayur kalengan, dan masih banyak lagi. Yang paling digandrungi dan dicintai banyak kaum hawa adalah mie instant.

Tahu nggak sih, Moms, mengonsumsi terlalu banyak makanan instant juga tidak baik untuk kesehatan. Karena makanan kemasan memiliki banyak kandungan bersifat kimia seperti zat pengawet, zat pewarna, pemanis buatan, dan natrium yang dapat memicu timbulnya kista payudara bahkan juga dapat memicu sel kanker.

Mulai konsumsi makanan-makanan yang segar dari sekarang ya, Moms!

baca juga

Makanan Laut

Makanan Laut

Makanan laut ini ternyata juga rentan memicu timbulnya kista payudara. Kerang, ikan, kepiting, dan udang adalah makanan yang harus dihindari oleh para penderita kista. Ini disebabkan karena kandungan lemak tinggi yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker serta kista.

Makanan laut dengan kandungan lemak yang tinggi juga dapat menyebabkan penyakit seperti jantung, darah tinggi sampai stroke.

Untuk menghindari munculnya kista, Moms bisa mengurangi konsumsi makanan laut, ya!

Daging

Daging

Selain makanan instant dan seafood, daging juga dapat memicu timbulnya kista, Moms. Daging merah seperti daging sapi, daging kambing, dan daging babi maupun jeroan harus dihindari. Daging memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan bersifat jahat. Kolesterol jahat dapat memicu tumbuhnya sel-sel abnormal yang menyebabkan kista.

Rutin periksakan kesehatan dan jaga pola makan sehat ya, Moms!