Apa Itu Siklus Menstruasi?

Siklus menstruasi adalah perubahan pada organ reproduksi wanita yang terjadi secara berulang dengan proses yang sama. Menstruasi sendiri terjadi akibat adanya penebalan dinding rahim (endometrium) yang menebal luruh karena tidak adanya pembuahan. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa terjadi antara 21-35 hari. Namun rata-rata siklus menstruasi normal yang terjadi adalah 28 hari.

Apa Itu Siklus Menstruasi?

Namun, siklus menstruasi dapat berubah-ubah setiap bulannya. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi antara lain:

  1. Hormon
  2. Kondisi fisik
  3. Stress
  4. Penggunaan alat kontrasepsi
  5. Pasca melahirkan

Bagaimana Siklus Menstruasi Setelah Melahirkan?

Bagaimana Siklus Menstruasi Setelah Melahirkan?

Sebagian besar wanita yang telah melalui proses persalinan akan mengalami banyak perubahan. Tak hanya fisik, namun perubahan itu pun dapat terjadi pada siklus menstruasi. Kecenderungan yang muncul setelah melahirkan adalah siklus menstruasi yang tidak lancar seperti dahulu kala. Hal ini terjadi karena setelah melahirkan hormon estrogen dan progesteron menurun drastis.

Sebagaimana kita tahu, bahwa hormon-hormon tersebut sangat berperan penting dalam fase-fase menstruasi yang terjadi selama siklus menstruasi. Lalu seperti apakah siklus menstruasi yang normal dan tidak normal setelah melahirkan?

baca juga

1. Siklus Menstruasi Normal Setelah Melahirkan

1. Siklus Menstruasi Normal Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan si kecil, Moms pasti akan melewati fase nifas. Fase nifas ini dihitung sejak Moms melahirkan hingga 6 minggu ke depan. Pada fase ini, biasanya Moms akan mengeluarkan darah yang bergumpal-gumpal dan cairan putih sebagai tanda masa nifas akan berakhir. Dan itu sangat wajar. Jika setelah cairan putih ini keluar lalu Moms mengalami pendarahan kembali, mungkin ini adalah menstruasi pertama Moms setelah melahirkan dan Moms akan kembali mengalami siklus menstruasi seperti sebelum hamil.

2. Siklus Menstruasi Tidak Teratur Setelah Melahirkan

2. Siklus Menstruasi Tidak Teratur Setelah Melahirkan

Masa nifas telah berakhir tapi Moms tak kunjung menstruasi? Tenang Moms, itu masih masuk ke dalam kategori normal karena siklus menstruasi setelah melahirkan dapat berubah selama masa menyusui, terutama jika Moms memberikan si kecil ASI Ekslusif. Namun, jika setelah 6 bulan melahirkan Moms tak kunjung menstruasi, Moms dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur setelah melahirkan, selain karena menyusui, penggunaan alat kontrasepsi setelah melahirkan pun dapat menjadi penyebab siklus menstruasi Moms tidak teratur.