JENIS INVESTASI JANGKA PENDEK


1. Tabungan Bank
Tabungan bank adalah salah satu jenis investasi jangka pendek yang paling mudah dan cepat. Selain mudah dan bisa untuk segala umur, Moms pun bisa mengambil uangnya kapan saja dan dimana saja. Keuntungan investasi tabungan bank adalah tidak ada dana wajib yang harus disetorkan kepada bank, Moms bisa menabung berapapun yang diinginkan. Namun kelemahannya adalah presentase bunga yang didapat tergolong kecil

2. Deposito
Apabila Moms menginginkan bunga yang lebih besar, Moms bisa coba deposito. Prosedur investasi ini sama dengan bank, hanya saja Moms harus menyetorkan saldo di awal yang cukup besar dan menyetorkan uang setiap bulan sesuai dengan kemampuan finansial Moms. Kekurangan investasi ini, uang yang sudah diinvestasikan tidak bisa diambil leluasa dan hanya bisa diambil sesuai jangka waktu yang ditentukan.
JENIS INVESTASI JANGKA PENDEK
source: http://mikirbae.com


 

3. Saham
Saham atau bukti kepemilikan seseorang atas suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Bila Moms memiliki saham suatu perusahaan, secara tidak langsung Moms merupakan pemilik perusahaan, tergantung seberapa besar porsi kepemilikan. Jika perusahaan tersebut sehat, maka saham yang dibeli akan memiliki nilai jual yang tinggi dan menghasilkan keuntungan yang besar. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa suatu perusahaan bisa bangkrut dan nilai saham menjadi turun dan rugi.
JENIS INVESTASI JANGKA PENDEK
source: http://wow.tribunnews.com


 

baca juga

JENIS INVESTASI JANGKA PANJANG


1. Emas
Jenis investasi jangka panjang yang pertama adalah investasi pada emas. Investasi emas dapat dibilang sangat menguntungkan. Karena emas memiliki nilai atau harga yang selalu naik setiap tahun. Selain nilai jual yang tinggi, emas juga relatif aman dalam berbagai keadaan serta anti inflasi. Karena nilai emas yang terus melambung tinggi, Moms bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat

2. Tanah dan Bangunan
Menilik perilaku orang jaman dahulu, bahwa tanah merupakan harta yang berharga. Pernyataan tersebut benar karena tanah dan bangunan menjadi investasi yang menguntungkan. Harga tanah dan bangunan tiap tahunnya selalu naik. Jika Moms memiliki investasi tanah dan bangunan ini, bisa dikatakan akan mendapat keuntungan yang tinggi saat menjual atau menyewakan properti ini di kemudian hari. Walau begitu, untuk investasi ini memerlukan modal di awal yang cukup besar.
JENIS INVESTASI JANGKA PANJANG
source: http://properti.kompas.com
3. Asuransi
Tidak ada salahnya memilliki asuransi untuk memperkecil resiko kehilangan atau kerusakan benda yang dimiliki. Selain mendapat proteksi atau perlindungan, asuransi menjadi investasi yang menguntungkan. Umumnya asuransi yang dijadikan investasi adalah asuransi dwiguna dan unit link

4.Reksadana
Jenis investasi jangka panjang ini sedang digandrungi banyak orang. Reksadana adalah surat berharga sebagai bukti klaim atau aset. Keunggulan reksadana adalah banyaknya pilihan yang dapat diambil investor untuk menanamkan uangnya, contoh : saham, obligasi atau pasar uang. Moms sebagai investor hanya perlu memilih instrumen investasi yang paling cocok dengan resiko yang rendah.
JENIS INVESTASI JANGKA PANJANG
source: http://finansial.bisnis.com


 

baca juga

Jenis Investasi Syariah


Sebenarnya jenis investasi syariah ini tidak terlalu berbeda dengan investasi jangka pendek maupun jangka panjang yang dijabarkan di atas. Namun investasi syariah ini memiliki landasan prinsip syariah yaitu hukum Islam yang mengutamakan transaksi tanpa riba. Juga tidak berlaku prinsip bunga, melainkan prinsip bagi hasil. Salah satu contoh investasi syariah:

1. Saham Syariah
Contoh saham syariah di Indonesia adalah Jakarta Islamic Index, saham ini mengenalkan perusahaan pilihan dengan syariat Islam dan termasuk salah satu pilihan bentuk investasi syariah yang bisa dipilih. Prinsip dari saham syariah antara lain: resiko ditanggung semua pihak, tidak bisa dicairkan, serta menggunakan prinsip bagi hasil.

2. Deposito Syariah
Dengan prosedur yang sama dengan deposito pada bank konvesional, yang membedakan  deposito syariah adalah modal yang dikelola oleh mudharabah yaitu usaha yang telah disepakati oleh pemilik modal dan keuntungan akan diperoleh dari kelebihan jumlah modal.

3. Reksadana Syariah
Yang membedakan dengan reksadana konvesional adalah reksadana syariah memiliki kelompok investor yang berjalan di bidang syariah dan mengumpulkan dana.
Jenis Investasi Syariah
source: http://keuangansyariah.mysharing.co


 

Jenis Investasi untuk Pemula


Setelah penjabaran tentang investasi di atas, banyak dari Moms yang ingin segera memulai investasi. Tapi tunggu dulu, selalu perhatikan untung-rugi dalam berinvestasi dan jangan terburu-buru. Mommyasia merangkumkan jenis investasi untuk pemula :

1. Deposito
Dengan prosedur yang mudah, jumlah uang dan batas waktu deposito bisa ditentukan sendiri. Jumlah uang yang dideposito akan bergantung dengan bunga yang didapat. Sesuaikan dengan finansial Moms ya !

2. Emas
Nilai emas tidak akan turun melainkan terus naik. Hal ini menjanjikan emas sebagai investasi yang mudah dan menguntungkan.

3. Reksadana
Jenis investasi reksadana ini memang lagi naik pamor. Karena keuntungan yang didapat lumayan besar, namun resikonya juga beragam. Apabila Moms ingin berinvestasi dengan reksadana selalu cari tahu dulu perusahaan investasi yang tepat!
Jenis Investasi untuk Pemula
source: http://kreditgogo.com


 

Jenis Investasi Pemerintah


Setelah membahas jenis investasi perorangan, muncul pertanyaan, bagaimana jenis investasi pemerintah? Investasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri, semakin banyak investor yang masuk, negara tersebut dinilai aman dan stabil secara sosial politik.

Salah satu contoh investasi pemerintah adalah 
  • pembukaan cabang perusahaan multinasional
  • penanaman modal pada perusahaan BUMN di Indonesia.
  • penanaman modal pada perusahaan start up digital
  • investasi di bidang tambang dan hasil alam (contoh : Freeport)
  • investasi di bidang pendidikan (contoh : kerjasama antar kampus)
  • investasi di bidang telekomunikasi
Jenis Investasi Pemerintah
source: http://lintaspapua.com
Itu dia penjelasan tentang investasi jangka pendek, jangka panjang, syariah, untuk pemula dan investasi pemerintah. Apabila Moms ingin berinvestasi, pikirkan dulu matang-matang segala keuntungan dan resikonya. Konsultasikan ke pakar atau perusahaan penyedia investasi. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Moms!