Penyakit kista ganglion merupakan penyakit yang terjadi karena munculnya tumor jinak kecil seukuran kacang polong di sekitar tubuh termasuk sendi. Tumor ini berbentuk bulat atau oval yang di dalamnya berisi kelenjar cairan. Meski bukan jenis tumor penyebab kanker, tumor ini menyebabkan sakit di area yang muncul tumor tersebut.

Pasien pengidap penyakit kista ganglion ini biasanya berusia sekitar 20-30 tahun dan lebih sering menyerang wanita dibanding pria. Eits, meski begitu, siapapun perlu mewaspadai terjadinya penyakit kisa ganglion, ya.

Gejala Penyakit Kista Ganglion

Sebelumnya, Moms perlu menyadari ciri atau gejala yang terjadi pada penderita penyakit kista ganglion ini. Seperti yang sudah dijelaskan, tumor berbentuk oval atau bulat dengan ukuran menyerupai kacang polong atau buah duku.

Biasanya muncul di sekitar sendiri tangan dan pergelangan tangan, maupun di daerah kaki. Bagian tubuh yang terserang kista akan terasa nyeri hingga kaku dan kesemutan, apalagi jika kista menekan saraf. Rasa sakit makin parah jika sendi digerakkan, membuat otot pun menjadi lemah.

Jika sudah merasakan gejala di atas, segera diperiksakan, ya. Kista ganglion memang tidak berbahaya, tapi penyakit ini sangat menganggu, dan tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter.

Gejala Penyakit Kista Ganglion
baca juga

Penyebab Penyakit Kista Ganglion

Seperti yang moms ketahui, penyakit ini rentan menyerang wanita usia 20-30 tahun. Jika moms pernah mengalami cedera di bagian tendon (sekumpulan jaringan yang menghubungan jaringan otot dengan tulang), hal itu bisa menjadi penyebab terkenanya penyakit kista ganglion.
Penyebab lainnya ialah aktivitas persendian yang berlebihan, sekaligus mempunyai riwayat osteoarthritis. Ilmiahnya, kista ganglion muncul ketika caira sendi menumpuk sehingga membentuk sebuah kantong di area sendi atau tendon.

Penyebab Penyakit Kista Ganglion

Cara Mengobati Penyakit Kista Ganglion

Terkadang kista ganglion bisa menghilang dengan sendirinya, namun juga bisa sangat mengganggu moms yang tiap harinya padat aktivitas. Penanganan bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan cara aspirasi yaitu penarikan cairan tumor menggunakan jarum. Jarum akan ditusukkan ke area tumor. Setelah dilakukan penyedotan, pasien disuntik obat kortikosteroid untuk mencegah penyakit kista datang kembali.

Penanganan lainnya juga bisa dokter lakukan yakni dokter akan membantu menahan dan membatasi pergerakan sendi yang bermasalah yang nantinya akan membuat kista mengecil.
Jika cara di atas tidak berhasil, dokter akan memakai cara operasi. Tapi moms tenang saja, operasi penyakit kista ganglion ini bukan jenis operasi mayor.

Hal terpenting, moms harus hindari menekan-nekan area tumor muncul dan jangan terlalu melakukan pergerakan pada pergelangan tangan atau kaki.

Cara Mengobati Penyakit Kista Ganglion