Tidur Malam
 

Jangan Sampai Kurang Istirahat, Cari Tahu Manfaat dan Durasi Tidur yang Baik untuk Tubuh
source: https://www.spine-health.com/


Tidur malam memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh seseorang di mana saat tidur, organ dalam tubuh sebenarnya sedang banyak bekerja. Sebut saja proses detoks oleh kelenjar getah bening, proses pembuangan racun oleh hati, proses pembuangan racun oleh bagian empedu, proses pembuangan racun pada paru-paru, hingga proses pembuangan kotoran dan racun di usus besar.
 


Durasi Tidur Yang Baik
 

Jangan Sampai Kurang Istirahat, Cari Tahu Manfaat dan Durasi Tidur yang Baik untuk Tubuh
source: https://www.health.harvard.edu/


Kebanyakan dari Mommy pasti mempertanyakan, sebenarnya berapa lama durasi yang tepat untuk tidur yang sehat? Jawaban untuk pertanyaan ini sebenarnya tidak pasti mengingat kerja tubuh setiap orang berbeda satu sama lain. Mommy sendiri seharusnya dapat mengetahui sendiri berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh Mommy agar dapat bangun pagi dengan kondisi tubuh yang segar dan bugar. Namun, secara umum, rata-rata waktu ideal untuk tidur adalah 7-8 jam. Selain itu, tidur malam sangat dianjurkan untuk dilakukan dengan lebih cepat yaitu sejak pukul 8 atau 9 malam. 
 

baca juga


Pola Tidur Yang Baik
 

Jangan Sampai Kurang Istirahat, Cari Tahu Manfaat dan Durasi Tidur yang Baik untuk Tubuh
source: https://www.safetyandhealthmagazine.com/


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, waktu tidur malam sangat dianjurkan untuk dilakukan lebih awal, yaitu pukul 8 atau 9 malam. Dengan tidur di awal waktu, Mommy dapat bangun pagi sesuai dengan waktu yang diinginkan tubuh. Mengatur pola tidur yang sehat akan berpengaruh pada efektivitas kerja dan pola makan. Akhirnya, pola hidup yang sehat dan seimbang dapat Mommy jalankan.
 


Manfaat Tidur Tanpa Bantal
 

Jangan Sampai Kurang Istirahat, Cari Tahu Manfaat dan Durasi Tidur yang Baik untuk Tubuh
source: https://neckcare.org/


Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain untuk memperoleh tidur yang sehat dan seimbang. Salah satunya adalah kebutuhan bantal untuk menopang kepala atau bagian tubuh lain. Pada dasarnya, penggunaan bantal ini juga berbeda pada semua orang. Ada beberapa orang yang membutuhkan bantal, dan ada pula yang sebenarnya tidak membutuhkan bantal. 

Apabila Mommy kerap merasakan tubuh yang tidak nyaman saat tidur dengan bantal, cobalah untuk menghindari penggunaan bantal sementara. Bagi sebagian orang, tidur tanpa bantal dapat membantu tubuh menghindari sakit pada leher dan pundak, memperlancar aliran darah, dan menghindari wajah cepat berkerut.
 

baca juga


Manfaat Tidur Miring Ke Kanan
 

Jangan Sampai Kurang Istirahat, Cari Tahu Manfaat dan Durasi Tidur yang Baik untuk Tubuh
source: http://kikn.com/


Terakhir, untuk posisi tidur juga perlu untuk Mommy perhatikan untuk memberikan manfaat yang optimal pada waktu istirahatmu. Nah, salah satu posisi tidur yang sangat dianjurkan adalah tidur dengan posisi miring ke sisi kanan. Posisi ini dapat memberikan ruang sehingga meminimalisir tekanan pada organ-organ seperti hati, jantung, paru-paru, dan organ dalam perut. Meskipun begitu, tidur miring ke kiri juga memberikan manfaat tersendiri, karena dapat mengurangi refluks asam lambung.