Bayi 4 Bulan Mencret Terus


Moms perlu mewaspadai jika sang buah hati mengalami mencret yang terus menerus terjadi. Kondisi tersebut biasanya menandakan adanya infeksi mikroorganisme, baik itu bakteri, virus maupun parasit.
 
Mikroorganisme banyak menempel di lantai dan benda-benda di sekitarnya. Sementara bayi memiliki kebiasaan memasukkan tangannya ke dalam mulut. Jadi kemungkinan untuk mencret karena mikroorganisme sangat besar.
 
Penyebab lainnya adalah alergi, susu formula dengan kadar laktosa yang tinggi, keracunan makanan, flu, konsumsi antibiotik dan kekurangan enzim. Jangan sepelekan mencret pada bayi karena dapat menyebabkan dehidrasi. Segeralah bawa dia ke rumah sakit/klinik terdekat.

Source: https://pondokibu.com

Bayi 4 Bulan Mencret Berlendir


Adanya lendir pada tinja bayi sebenarnya normal. Biasanya muncul ketika bayi sedang tumbuh gigi, karena pada saat itu bayi mengeluarkan banyak air liur. Sementara mencret bisa terjadi karena pengaruh laktosa yang terkandung dalam ASI dan faktor lainnya seperti Moms yang sedang konsumsi obat-obatan.
 
Moms hanya perlu waspada jika mencret terus-terusan terjadi disertai demam tinggi, perut tampak membesar, anak tampak lemas dan kesakitan. Biasanya gejala itu terjadi karena infeksi. Moms perlu membawanya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. 
 
https://www.babycenter.com/
Source: https://www.babycenter.com
baca juga

Bayi 4 Bulan Mencret Warna Hijau


BAB bayi berwarna hijau merupakan tanda ia tidak mencerna makanan dengan baik. Ketidakseimbangan asupan ASI dan asupan makanan berwarna hijau juga bisa menjadi salah satu penyebab tinja berwarna hijau.
 
Tapi bagaimana jika, bayi mencret warna hijau? Mengganti merk susu formula bisa menyebabkan bayi terkena diare dan berwarna hijau. Maka, konsultasikan pada dokter sebelum mengganti susu formula.
 
Mencret warna hijau mengindikasikan bayi mengalami alergi. Apalagi tinja berbusa dan berbau menusuk hidung, bayi terkena infeksi. Kondisi tersebut memerlukan perawatan dokter secara intensif. 
 
Source: https://www.catail.me

Bayi 4 Bulan Mencret Berbusa


Bayi mencret dengan tinja berbusa dan berbuih perlu diwaspadi. Kondisi itu bisa terjadi bayi sedang terserang gangguan kesehatan. Penyebab mencret berbusa pertama tentunya infeksi bakteri, virus dan parasit. Mikoroorganisme tersebut menyerang sistem pencernaan dan menimbulkan gelembung-gelembung gas.
 
Kedua, bisa disebabkan anak menderita penyakit celiac. Penyakit tersebut merupakan respon tubuh tehadap konsumsi gluten. Gluten adalah jenis protein yang terdapat dalam gandum. Saat terkena penyakit celiac, sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap gluten dan merusak lapisan usus, sehingga feses menjadi berbusa.
 
Penyebab ketiga adalah Irritable Bowel Syndrome (IBS), di mana usus besar mengalami gangguan. Tinja pada orang yang terkena IBS akan berlendir dan berbusa. Selanjutnya adalah penyakit pankreatitis, yakni radang kelenjar pankreas yang menghalangi mencerna lemak dengan baik. 

Source: https://www.alodokter.com
baca juga

Mengobati Bayi 4 Bulan Mencret


Diare atau mencret bisa menyebabkan bayi dehidrasi. Pada dehidrasi berat bisa menyebabkan kesadaran bayi menurun, tangan dan kakinya dingin serta napas yang cepat. Bila tidak segera ditangani bayi akan kejang-kejang dan berakhir kematian.
 
Untuk mencegah terjadinya dehidrasi pastikan anak tidak kekurangan cairan. Berikan ASI setiap kali bayi mencret. Pada dasarnya kondisi akan membaik 3-6 hari. Namun jika lebih dari itu belum sembuh juga bahkan anak demam dan terlihat sedang menahan rasa sakit segeralah bawa anak ke dokter.

Source: https://hellosehat.com

Namun, sebaiknya tak perlu menunda-nunda untuk membawanya ke dokter untuk tahu pasti penyebabkan serta mendapatkan penanganan yang tepat.