Biang keringat merupakan salah satu masalah yang seringkali dialami bayi. Biang keringat disebabkan oleh produksi keringat berlebih disertai sumbatan pada saluran kelenjar keringat. Biang keringat pada bayi biasanya disebabkan ketika bayi berada di daerah dengan suhu lembab, dan panas serta kurangnya ventilasi. Selain karena pengaruh cuaca, biang keringat juga sering muncul ketika bayi mengalami demam, mengenakan pakaian yang tebal, dan ketat.
 
Biasanya anggota badan yang diserang adalah dahi, leher, kepala, dada, punggung, atau tempat-tempat tertutup yang mengalami gesekan dengan pakaian. Tanda yang muncul umumnya rasa gatal yang berlebih, kulit kemerahan dan disertai gelembung-gelembung kecil berisi cairan jernih seperti kristal bening. Namun pencegahan juga bisa dilakukan dengan memandikan bayi secara teratur, mengelap kulitnya dengan handuk bersih, dan segera mengganti bajunya yang basah.

Ketika buah hati mengalami biang keringat Moms tak perlu khawatir, atasi hal tersebut dengan cara alami dan sangat hati-hati. Pilih bahan alami yang benar-benar aman dan tidak membuat kulit bayi mengalami alergi. Untuk itu, Moms bisa mencoba pemakaian bedak dingin buatan sendiri yang dapat membantu menghilangkan biang keringat pada bayi. Berikut ini manfaat bedak dingin bayi yang perlu Moms ketahui.

Manfaat Bedak Dingin Bayi

Bedak dingin sering digunakan untuk mengatasi biang keringat pada bayi, dengan cara mengoleskan bedak dingin ke tubuh dan wajah bayi. Hal tersebut memberi manfaat seperti:

  • menghaluskan kulit bayi
  • membuat bayi selalu segar
  • mendinginkan bayi ketika gerah
  • menghilangkan bulu bulu halus pada kulit bayi
  • Penghilang demam dan ruam
  • Menghilangkan munculnya bruntusan dengan warna merah disertai bintik-bintik putih
  • menyejukkan wajah dari sengatan sinar matahari,
  • menyejukkan badan bayi
  • mengatasi peradangan yang memerah
Bedak dingin ini memiliki manfaat yang baik pada bayi. Oleh karena itu, bedak dingin bayi terus dilestarikan penggunaannya. Jika Moms ingin mencoba membuat bedak dingin bayi, Moms bisa mengikuti cara berikut ini.
Manfaat Bedak Dingin Bayi
baca juga

Cara Membuat Bedak Dingin

Bedak dingin beras atau dikenal dengan bedak dingin merupakan resep tradisional yang sering digunakan untuk kecantikan dan ternyata juga bermanfaat untuk kulit bayi. Selain mudah dibuat, bedak dingin bayi biasanya memiliki efek yang lebih baik untuk kelembapan dan kehalusan kulit.
Berikut ini adalah bahan-bahan yang bisa Moms sediakan untuk membuat bedak dingin, yaitu:

1. Beras
2. Air
3. Kencur
4. Daun Mangkoan
5. Bunga Kenanga
6. Bunga Mawar

Cara membuat :
1. Rendam beras dengan air secukupnya dalam 3 hari 3 malam agar lebih lunak
2. Beras yang sudah lunak dihaluskan dengan cobek (yang bersih) lalu diberi air
3. Saring beras yang sudah dihaluskan dengan kain, lalu ambil bagian yang halus, jika ada yang masih kasar dihaluskan lagi sampai merata
4. Campur dengan perasan kencur yang sudah ditumbuk
5. Bentuk bulat-bulat atau sesuai keinginan agar memudahkan pemakaian lalu, jemur di tempat yang terkena sinar matahari selama 2 jam
6. Tambahkan pengharum berupa irisan daun mangkoan, bunga kenanga, dan bunga mawar
7. Jemur kembali sampai bedak benar-benar kering dan siap digunakan
8. Setelah kering, simpan di tempat rapat dan kering agar kesegaran tidak berubah dan tidak terkontaminasi jamur.

Setelah semua siap, ambil secukupnya gumpalan bedak lalu tambahkan air. Balurkan ke seluruh tubuh bayi sehabis mandi. Lakukan secara berulang sampai biang keringat dan ruam pada bayi perlahan menghilang.

Jika saat pemakaian bedak dingin kulit bayi tetap mengalami bintik-bintik atau biang keringat, hentikan pemakaian dan lakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan terdekat. 

Cara Membuat Bedak Dingin