Tanaman Pengusir Nyamuk Zodia


Tanaman Zodia atau dengan nama ilmiah Evodia suaveolens merupakan tanaman yang terkenal di Papua sebagai pengusir nyamuk dan serangga. Selain bagus sebagai tanaman hias, Tanaman Zodia berfungsi menghalau nyamuk hingga 6 jam lho, Moms.

Aroma yang dikeluarkan tanaman ini sangat tidak disukai nyamuk dan dapat menghalau hingga 70% dari gigitan nyamuk. Caranya, usapkan daun Zodia ke bagian yang diinginkan atau ke seluruh tubuh untuk merasakan manfaatnya. Tanaman ini juga ampuh untuk memberikan kesembuhan pada kulit yang bentol dan gatal karena gigitan nyamuk. 

Tanaman Pengusir Nyamuk Zodia
source: https://www.tokopedia.com/


 

Tanaman Pengusir Nyamuk yang Ampuh


Moms pasti tidak asing dengan tanaman pengusir nyamuk yang satu ini, yaitu Lavender. Lavender merupakan tanaman berbentuk semak-semak atau pohon kecil dengan bunga warna ungu. Tanaman ini dipercaya ampuh untuk mengusir nyamuk. Selain itu, lavender juga dikenal sebagai tanaman antiseptik dan antijamur. Kandungan linalool dan lynalyl asetat biasa digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk yang biasa ditemui di pasaran, lho. 

Tanaman Pengusir Nyamuk yang Ampuh
source: https://www.seedsavers.org/


 

baca juga

Tanaman Pengusir Nyamuk dalam Pot


Mungkin Moms tidak asing dengan tanaman Geranium, atau dikenal dengan tapak dara. Bunga cantik yang berwarna merah dengan aroma harum saat tertiup angin. Tanaman ini mengandung geraniol dan sitronelol yang mampu membasmi nyamuk. Nah, tanaman ini sangat bisa ditanam dalam pot dan ditaruh di dalam suatu ruangan untuk mengusir nyamuk masuk dalam ruangan.

Tanaman Pengusir Nyamuk dalam Pot
source: https://www.crocus.co.uk/


 

Tanaman Pengusir Nyamuk Rosemary


Tak hanya sebagai bahan pelengkap masakan, ternyata rosemary juga menjadi tanaman pengusir nyamuk. Rosemary memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk yaitu seperti aroma minyak telon ataupun minyak kayu putih. Nah, aroma yang dihasilkan tersebut membuat nyamuk pusing dan inderanya kehilangan kendali.

Tanaman Pengusir Nyamuk Rosemary
source: https://bonnieplants.com/


 

baca juga

Tanaman Pengusir Nyamuk Serai


Tanaman Serai terkenal dengan manfaatnya sebagai bahan masakan dan minuman. Namun, tanaman yang bisa tumbuh di segala iklim ini ternyata berguna untuk mengusir nyamuk. Meski berbentuk seperti rumput liar, kandungan zat geraniol dan sitronnellol di dalamnya sangat ampuh mengusir serta membunuh nyamuk. Selain itu, tanaman serai juga memiliki wangi yang sering digunakan sebagai bahan dasar lotion nyamuk dan juga aroma terapi.

Tanaman Pengusir Nyamuk Serai
source: http://www.agrowindo.com/

Nah, itulah beberapa tanaman yang bisa mengusir nyamuk. Kira-kira Moms mau tanam yang mana nih? Jangan lupa jika menaruh tanaman di luar rumah atau pekarangan, pastikan tanaman diletakkan di dekat jendela, pintu, maupun sudut ruangan yang terpapar angin agar nyamuk dengan mudah hilang.