• Bakpia 

Bakpia merupakan makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri berasal dari dialek Hokkian, yaitu dari kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. 

Mencicipi 'Si Legit' Bakpia & 'Si Manis' Yangko, Makanan Khas Jogja yang Melegenda
source: https://www.dheatourstransportjogja.com/15-oleh-oleh-jogja-yang-pas-di-kantong-dan-siap-di-borong/
  • Bakpia Pathuk

Salah satu sentra kuliner dari bakpia ini ada di wilayah Pathuk, Jogjakarta. Sehingga kita biasa menyebutnya dengan Bakpia Pathuk. Bentuknya yang mungil dengan rasanya yang manis legit juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner bakpia Pathuk ini.

Bakpia pathuk ini akan semakin lezat jika Moms memakannya dalam keadaan masih hangat. Di bagian kulit pia yang kering tipis memberi kesan gurih yang renyah di lidah dan pada saat dikunyah rasa manis dari kacang hijau yang penuh protein, lumer dalam mulut Moms. Berpadu dengan rasa hangat di lidah menjadi daya tarik yang tiada duanya.

Di wilayah Pathuk sendiri terdapat berbagai tempat produksi yang sangat melegenda cita rasanya. Bahkan hingga ke mancanegara, ini disebabkan karena tiap tempat produksi bakpia Pathuk memiliki bumbu rahasianya masing-masing. 

Salah satunya yang sudah sangat terkenal ialah Bakpia Pathuk 75, letaknya di Jalan A.K Satsuit Tubun, dekat jalan Malioboro. Harga satu kotak bakpia pathuk 75 ini berkisar antara 20.000 - 25.000 rupiah tergantung isinya.

  • Yangko

Yangko adalah makanan tradisional berwarna – warni yang terbuat dari tepung ketan dan dibalut dengan tepung di bagian luarnya. Yangko ini memiliki bentuk yang kotak dan memiliki tekstur yang kenyal, selain itu juga memiliki rasa yang cenderung manis dan sangat khas. Kudapan khas kota pelajar ini sekilas mirip kue mochi dari Jepang ya Moms.

Yangko memiliki rasa manis dan juga memiliki aroma yang wangi, sehingga dapat menggugah selera Moms untuk menyantapnya. Selain itu teksturnya yang kenyal dan lembut di mulut membuat siapa saja tidak mau berhenti untuk menyantapnya. Pada awalnya, rasa asli dari yangko ini adalah rasa campuran kacang dan gula.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, yangko kini mulai dipadukan dengan rasa lain seperti strawberry, melon, durian dan lain – lain. Walau pun begitu, tidak meninggalkan ciri khasnya yang manis dan kenyal.

Mencicipi 'Si Legit' Bakpia & 'Si Manis' Yangko, Makanan Khas Jogja yang Melegenda
source: https://pbs.twimg.com/media/CzCP2SuUoAA6eN4.jpg
  • Asal usul makanan tradisional Yangko

Yangko yang memiliki rasa yang manis dan kenyal ini sesungguhnya merupakan makanan khas dari Kotagede, Jogjakarta. Dahulu Kotagede adalah ibukota Kerajaan Mataram Islam, sebuah kerajaan besar yang menjadi cikal-bakal Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.

Di kota inilah sejarah yangko bermula dimana dahulu kala makanan ini dikenal sebagai makanan raja-raja atau priyayi. Tidak semua rakyat biasa bisa menikmatinya karena harus mengeluarkan uang yang cukup besar. Bahkan yangko ini dipercaya juga sebagai makanan yang dibawa Pangeran Diponegoro saat bergerilya karena yangko dapat bertahan cukup lama dan tidak basi.

Nama yangko diyakini berasal dari kata kiyangko. Dalam pelafalan lidah orang Jawa, kata kiyangko diucapkan dengan singkat menjadi yangko. Meskipun tidak banyak seperti saat dahulu, penjual Yangko saat ini juga telah banyak ada di Yogyakarta. Salah satu yang terkenal adalah Yangko Pak Prapto. Sejarah tersebut dimulai karena konon, orang yang pertama kali mengenalkan yangko adalah Mbah Ireng yang tidak lain adalah kakek buyut Suprapto. Meski Mbah Ireng sudah berinovasi membuat yangko sejak tahun 1921, namun yangko baru mulai dikenal luas oleh masyarakat pada sekitar tahun 1939.

Kudapan khas Jogja ini bisa Moms dapatkan dengan merogoh kocek antara 20.000 - 30.000 rupiah untuk satu kotak yang berisi sekitar 30 buah yangko. Harga yang cukup murah kan Moms?

Nah, jika Moms berwisata ke daerah Jogjakarta jangan lupa ya membawa buah tangan makanan tradisional khas Jogja yang melegenda ini!