Perkembangan Payudara pada Anak Perempuan

Sebelum mengetahui beda payudara pada remaja perempuan dan dewasa, ada baiknya kamu tahu mengenai perkembangan payudara pada anak perempuan terlebih dahulu. Jadi tahap perkembangan payudara terbagi dalam beberapa tahap, yaitu: 

Tahap I: 
Payudara pada tahap ini masih benar-benar datar, yang ada hanya tonjolan puting saja. Bisa dibilang bentuk payudara anak perempuan hampir sama dengan anak laki-laki. 

Tahap II: 
Nah, payudara mulai terbentuk pada tahap ini. Di mana puting tampak menonjol dan payudara mulai terlihat bentuknya meski berukuran kecil. Tahap perkembangan ini biasanya terjadi pada anak berusia 7 hingga 14 tahun. Akan terasa sakit pada payudara, namun hal ini normal kok.

Tahap III:
Pada tahap ini payudara semakin membengkak dan lingkaran berwarna gelap di sekitar puting atau areola kain melebar. Bagian puting juga semakin menonjol keluar. Biasanya perubahan ini terjadi saat anak beranjak remaja, di mana ia mulai mengenakan miniset atau bra berukuran kecil. 

 

source: https://www.shutterstock.com

Tahap IV:
Payudara kian membesar pada tahap ini dan biasanya diikuti dengan munculnya garis-garis merah pada bagian payudara. Di sini anak perempuan harus sudah memakai bra, untuk menghindari payudara menjadi kendur. Pemilihan bra yang tepat untuk membantu membentuk payudara menjadi terlihat indah.

 

Beda Bentuk Payudara Remaja dan Dewasa

Bentuk payudara anak remaja perempuan dan orang dewasa tentunya berbeda. Perbedaan itu terletak pada bagian depan, bawah dan samping payudara. Berikut bedanya: 

 

source: http://www.officialbreastactives.com/
1. Pada anak remaja bentuk payudaranya terlihat lebih padat. Itu karena kepadatan kelenjar susunya lebih tinggi. Selain itu, tidak ada lemak dalam kelenjar susu dan lemak pada bagian kulit hanya sedikit. Itulah kenapa payudara anak remaja tidak bergerak atau bergoyang saat beraktivitas. Berbeda dengan payudara orang dewasa, yang di dalam kelenjar susunya dan kulitnya mengandung lemak sehingga payudara dengan mudah bergerak dan terasa lunak. 
baca juga

2. Posisi payudara pada anak remaja juga lebih tinggi, sementara perempuan dewasa akan terlihat lebih rendah karena adanya lemak di bawah kulit payudara. Posisi antara dua sisi payudara kanan dan kiri juga lebih sempit pada anak remaja. 
 

source: http://www.globalwomenconnected.com/2016/02/breast-cancer/

3. Kalau kamu memerhatikan perubahan payudaramu selama ini, kamu akan menyadari kalau payudaramu saat remaja lebih condong keluar. Sementara payudaramu saat dewasa letaknya lebih terpusat antara payudara kanan dan kiri. Hal ini mungkin salah satunya karena dipengaruhi oleh penggunaan bra.