Apa Itu Gendongan Bayi Hipseat?


Gendongan bayi hipseat pada dasarnya adalah jenis gendongan bayi yang memiliki penyangga duduk. Selain membuat bayi lebih nyaman, hipseat juga berfungsi untuk membuat berat badan bayi tidak bertumpu pada pinggang Moms saat menggendong. Jadi Moms bisa bergerak lebih bebas tanpa khawatir membahayakan si kecil.

Berapa Sih Usia yang Tepat Si Kecil Dibawa Pakai Gendongan Bayi Hipseat?
source: https://www.duniabayi.co.id

Kapan Bayi Bisa Digendong dengan Gendongan Hipseat?


Salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan ibu-ibu muda adalah gendongan bayi hipseat untuk umur berapa dan apakah gendongan model ini memang aman untuk si kecil. Jangan khawatir Moms, gendongan hipseat ini memang dirancang untuk mengurangi risiko displasia panggul karena dapat menyangga tulang belakang, pantat, dan tungkai bayi dengan baik sehingga aman untuk digunakan sehari-hari.

Mengenai usia penggunaan, gendongan bayi hipseat bisa digunakan ketika struktur tulang belakang bayi sudah kuat untuk menyangga tubuhnya sendiri. Umumnya bayi memiliki kemampuan ini ketika sudah memasuki usia 4 bulan. Jika sebelum usia tersebut bayi sudah mampu untuk menyangga badannya sendiri, maka gendongan ini bisa digunakan.

Berapa Sih Usia yang Tepat Si Kecil Dibawa Pakai Gendongan Bayi Hipseat?
source: https://www.babysafe.co.id/

Tips Memilih Gendongan Bayi Hipseat


Selain melihat usia dan kemampuan bayi, saat akan memilih gendongan bayi hipseat Moms juga perlu memerhatikan jenis gendongan, sabuk keamanan, bahan dan fitur lain pada gendongan tersebut. Jangan mudah tergoda dengan iklan gendongan bayi hipseat murah namun tidak ergonomis untuk Moms dan si kecil.

Beberapa merek gendongan bayi hipseat yang populer di pasaran antara lain gendongan bayi hipseat Baby Joy, BabySafe, Dialogue dan Snobby. Masing-masing merek memiliki range harga yang berbeda tergantung model dan bahan.

baca juga
Berapa Sih Usia yang Tepat Si Kecil Dibawa Pakai Gendongan Bayi Hipseat?
source: https://www.dialoguebaby.com/

Misalnya gendongan bayi hipseat Dialogue Emerald Series yang jadi favorit Moms and Dads. Gendongan ini bisa digunakan untuk menggendong bayi di bagian depan dengan posisi bayi menghadap depan atau belakang serta menggendong bayi di punggung dengan posisi bayi menghadap sejajar orang tua. Selain itu gendongan ini juga memiliki kantung kecil di bagian pinggang untuk tempat handphone, dan lain-lain. Harga gendongan bayi hipseat Dialogue Emerald Series ini berkisar antara Rp 540.000,-.

Berapa Sih Usia yang Tepat Si Kecil Dibawa Pakai Gendongan Bayi Hipseat?
source: https://www.snobbybaby.co.id/

Gendongan hipseat yang tidak kalah menarik adalah gendongan bayi hipseat Snobby 6 Posisi Luxury Series. Gendongan ini memiliki desain yang elegan dan mewah, sehingga bukan hanya nyaman bagi si kecil namun juga membuat orang tua tampak stylish. Gendongan Hipseat 6 posisi ini dapat digunakan dalam enam posisi yang nyaman bagi orang tua dan anak. Bagi Moms yang terarik membelinya, gendongan ini dibandrol dengan harga mulai Rp 230.000,-.

Selain bisa didapatkan di toko perlengkapan bayi terdekat, gendongan bayi hipseat juga tersedia di berbagai online shop. Pastikan membeli sesuai kebutuhan dan jangan lupa cek kualitas bahan dan keamanannya ya Moms!