Apa Saja Manfaat Buah Tinggi Kalsium untuk Anak?

Moms, kalsium merupakan mineral penting yang banyak dibutuhkan oleh manusia. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan 1000mg kalsium per hari. Kalsium bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang dan gigi yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis serta berperan penting dalam pembekuan darah, kontraksi otot dan sel saraf, mencegah penyakit jantung dan menormalkan tekanan darah.
 
Dengan segudang manfaatnya, kalsium juga sangat penting untuk pertumbuhan anak seperti dapat meningkatkan kepadatan tulang, mengoptimalkan tinggi badan anak, meningkatkan kecerdasan, memperkuat sistem imun tubuh dan menjaga metabolisme anak.

Mungkin selama ini kebutuhan si Kecil akan kalsium dapat dipenuhi secara instan dengan pemberian susu ya, Moms. Namun selain dari susu, kalsium bisa juga didapatkan dari kacang-kacangan, sayur dan juga buah. Seperti buah-buahan tinggi kalsium berikut ini yang dapat Moms berikan untuk anak:

Apa Saja Manfaat Buah Tinggi Kalsium untuk Anak?

Buah Jeruk

Diketahui sebagai buah yang kaya akan Vitamin C sebagai antioksidan alami, jeruk ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi loh, Moms. Mengandung 40mg kalsium per sajian 100gr. Kalsium yang terkandung di dalamnya juga baik untuk masa pertumbuhan.

Selain kalsium, jeruk mengandung Vitamin A, Vitain B kompleks, folat, flavonoid dan beta-karoten. Buah dengan nama ilmiah citrus ini memiliki kandungan air cukup banyak dan rasa yang menyegarkan. Untuk itu berikan buah-buah tinggi kalsium termasuk jeruk pada anak secara rutin ya, Moms.

Buah Jeruk
baca juga

Buah Pepaya

Buah yang identik dengan biji berwarna hitam pada bagian tengahnya ini memiliki banyak manfaat untuk memenuhi gizi Si Kecil, Moms. Seperti baik untuk penglihatan, melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah caingan dan berbagai penyakit lainnya. Buah pepaya masuk juga dalam daftar buah tinggi kalsium, Moms.
 
Kalsium yang bisa didapatkan yakni 20mg kalsium dari 100gr. Jika anak kurang suka memakan papaya langsung karena baunya yang khas, Moms bisa menyiasatinya dengan mencampurkan buah pepaya dengan air perasan lemon dan gula secukupnya. Rasanya akan jauh lebih nikmat, Moms dan Si Kecil mungkin akan suka.

Buah Pepaya

Buah Alpukat

Memiliki nama latin Persea Americana, selain terkenal dengan lemak baik di dalamnya, buah alpukat yang lezat saat dijadikan jus ini memiliki kandungan kalsium pada buahnya ialah 12mg per 100gr. Alpukat memiliki 25 nutrisi penting seperti Vitamin A, B, C, D, E dan K, zat besi, magnesium, kalium, asam folat, kalsium dan masih banyak lagi, Moms.
 
Seluruh nutrisi dan protein dalam alpukat berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit antara lain menurunkan kolesterol, tekanan darah, mengontrol gula darah melindungi dari kanker, mencegah peradangan atau anti-inflamasi sambai dengan menambah berat badan. 

Cocok banget nih untuk anak, Moms. Vitamin K dan D berfungsi untuk menyerap kalsium lebih banyak yang dapat menjaga kesehatan tulang dan terhindar keropos tulang. Bila dikonsumsi oleh ibu hamil, asam folatnya berguna menekan resiko keguguran dan cacat pada bayi. Alpukat bisa dijadikan puree untuk Si Kecil, campuran pada roti dan salad buah atau sayur ya, Moms. 

Buah Alpukat
baca juga

Buah Mangga

Buah dengan aroma harum yang khas ini ternyata juga masuk dalam deretan buah tinggi kalsium. 100gr mangga memiliki kandungan kalsium 11mg. kaya akan gizi, mengonsumsi satu buah mangga per hari sudah dapat mencukupi Vitamin A bagi tubuh. Kandungan bermanfaat lainnya pada mangga diantaranya Vitamin A, C, D, E, K, B1 dan B2, folat kalsium, zat besi, magnesium, fosfor dan potassium.

Manfaatnya bagi kesehatan yaitu mencegah kanker, meningkatkan system kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan mata, mengendalikan tekanan darah, penghindari penyakit asma, menjaga kesehatan jantung, mengatasi sembelit dan meningkatkan kecerdasan otak Moms. Tak ragu lagi ya Moms menjadikan mangga pilihan asupan buah dan hidangan pencuci mulut yang baik untuk Si Kecil.

Buah Mangga

Buah Kurma

Terdapat kandungan mineral dan serat di dalamnya serta dikenal juga sebagai buah Nabi, Kurma mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan kalsium yang dimilikinya yaitu 39mg per 100gr kurma.

Selain itu, kurma juga mengandung potasium yang dapat menjaga fungsi jantung dan memperlancar pergerakan otot dan juga magnesium yang berguna membantu proses produksi energi, berperan dalam pembentukan struktur tulang dan pembentukan DNA. Perpindahan kalsium dan potasium menuju membran sel juga dapat dibantu oleh magnesium.

Rasa manis yang alami, tentu tidak akan membuat orang yang mengonsumsinya dapat terkena diabetes, Moms melainkan kandungan seratnya dapat mengontrol gula darah. Dengan rasa manisnya yang sangat khas dan tekstur daging buah yang cenderung lunak pada beberapa jenis kurma, buah bermanfaat ini dapat dikonsumsi oleh segala umur termasuk anak-anak, Moms. Bisa dimakan langsung atau menjadi tambahan dalam kue atau puding ya, Moms.

Buah Kurma