Makanan Penyebab Kista Ovarium

Kista merupakan penyakit yang ditakutkan oleh setiap wanita. Pasalnya penyakit ini ternyata disebabkan oleh kebiasaan dan makanan yang bisajadi kebiasaan kita sehari-hari. Konon, makanan cepat saji merupakan salah satu penyebab dari munculnya penyakit kista dalam rahim atau disebut dengan kista ovarium. Karena kandungan kolesterol yang melebihi batas, dapat menimbulkan timbunan lemak pada area wanita.

Oleh karena itu, mulai sekarang moms harus lebih teliti yaa dalam memilih makanan yang sehat atau tidak. Tentu hal ini demi kesehatan kamu dan keluarga. Berikut adalah jenis-jenis makanan yang menjadi penyebab kista ovarium.

Makanan Penyebab Kista Ovarium

Kafein

Makanan atau minuman yang mengandung kafein ternyata menjadi salah satu penyebab munculnya kista ovarium, moms. Kandungan kafein tidak hanya merangsang sistem saraf. Namun juga memengaruhi ginjal, pembuluh darah, serta memicu munculnya atau semakin parahnya kista. Maka, moms sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kafein. Seperti kopi, teh, coklat dan segala jenis makanan lainnya. 

Kafein
baca juga

Makanan Manis

Makanan manis yang banyak digemari wanita ternyata tidak baik bagi kesehatan. Tentunya jika dikonsumsi lebih dari kebutuhan tubuh. Karena makanan yang manis dapat menaikkan kadar gula dalam darah. Dan apabila kadar tersebut melebihi kebutuhan tubuh, maka akan berdampak buruk bagi tubuh kita.

Makanan Manis

Kadar gula yang banyak ternyata mampu merangsang produksi insulin sehingga bisa mengakibatkan kadar gula naik. Kadar gula darah yang naik ternyata bisa merangsang pembentukan kista atau membuat kondisi kista yang di alami bertambah buruk. Untuk itu sebaiknya hindari terlalu banyak atau sering konsumsi makanan manis.

Makanan Siap Saji/Fast Food

Penyebab lainnya adalah makanan cepat saji. Makanan jenis ini kebanyakan memiliki rasa yang enak dan banyak diminati karena memenuhi kebutuhan perut dengan cepat. Namun sangat disayangkan, kandungan gizi dan nutrisi cenderung rendah daripada makanan tidak cepat saji. 

Makanan Siap Saji/Fast Food

Hal yang lebih menghawatirkan adalah kandungan lemaknya sangat tinggi menjadikan kista memburuk. Kandungan Lemak dapat memengaruhi metabolisme hormon yang mempunyai dampak pada fungsi ovarium. Sehingga, sebagian besar wanita yang mempunyai kista ovarium mungkin juga mempunyai tubuh gemuk.