Cerita Anak Nusantara Mengajarkan Si Kecil Tentang Moral & Budaya

Tanamkan Nilai Moral Pada Anak Lewat Cerita Dongeng Pengantar Tidur

Mendongengkan anak pada saat tidur bisa menjadi hal lumrah bagi orangtua. Hal ini dilakukan bukan hanya semata-mata sebagai pengantar tidur lho Moms, tapi wujud penanaman moral pada anak dengan kedekatan orangtua atau bonding.  Menurut psikolog Erin Mutiara, bonding time adalah waktu yang dihabiskan bersama dengan keluarga melakukan sesuatu yang bermakna, seperti mendongeng ini Moms.

Mendongeng cerita anak nusantara misalnya, bisa membantu mengenalkan budaya dan ajaran moral. Contohnya yaitu kisah Penakluk Rajawali dari Sulawesi Selatan. Cerita itu mengisahkan tentang keberanian pemuda Sulawesi dalam melawan kejahatan Rajawali. Pesan moral kisah ini, anak diajarkan jadi pemberani dalam hal kebaikan.

Panutan Moral dari Kisah Dongeng yang Lucu

Tanamkan Nilai Moral Pada Anak Lewat Cerita Dongeng Pengantar Tidur

Dongeng anak memiliki keragaman dari segi isi dan genre, namun harus tetap ada nilai moral yang Moms sampaikan pada kisahnya. Misalnya, dongeng anak sebelum tidur yang lucu seperti kisah kancil.

Cerita Kancil Pencuri Timun memang jenis cerita jenaka dengan digambarkannya tokoh kancil yang cerdik selalu mampu mengelabui tokoh lain. Pada akhir cerita dimana kancil tertangkap Pak Tani menjadikan kisah ini memiliki nilai moral yang bisa dipelajari yaitu tiap-tiap perbuatan ada ganjarannya. Jadi ceritanya tidak hanya menghibur tapi juga mendidik, hmm paket komplit kan Moms. 

Di sisi lain, buku dongeng binatang untuk anak seperti kisah Kancil ini juga memberikan wawasan lain seperti pengenalan karakter hewan dan kondisi alam yang terkadang belum bisa dilihat anak secara langsung.

baca juga

Buku Dongeng Anak Bergambar Memikat Anak dalam Cerita dengan Mudah

Tanamkan Nilai Moral Pada Anak Lewat Cerita Dongeng Pengantar Tidur

Buku dongeng anak bergambar bisa jadi jenis buku favorit anak. Mengapa demikian? Tentu saja karena visualnya lebih menarik dari sekedar buku penuh tulisan. Adanya banyak warna, bentuk-bentuk karakter lucu memberikan kesan unik pada anak.

Dengan meilihat buku bergambar imajinasi anak akan terbentuk sesuai isi cerita yang dibacakan. Sehingga anak lebih memahami cerita serta mampu menarik pesan moral dengan lebih baik ya Moms.

Dongeng Anak Dunia Kaya akan Pesan Moral bagi Anak

Tanamkan Nilai Moral Pada Anak Lewat Cerita Dongeng Pengantar Tidur
source: http://www.speechbuddy.com/

Kisah-kisah penuh ajaran moral tidak hanya kita dapat dari Indonesia, banyak dongeng anak dunia yang juga memiliki nilai moral tinggi misalnya kisah Kesombongan Kelinci yang berasal dari Amerika Serikat.

Kisah tersebut menceritakan tentang si kelinci sombong yang menganggap bahwa tidak ada binatang hutan yang mampu mengalahkannya kecepatan larinya. Namun faktanya kelinci justru dapat dikalahkan siput dengan kecerdikannya. Cerita ini Moms mampu mengajarkan anak bahwa menjadi sombong itu tidak baik dan merugikan.

Untuk Moms yang butuh bacaan untuk anak, beberapa penerbit yang memiliki buku anak berkualitas adalah Mizan dan Anak Kita. Perlu diingat ya Moms bahwa memilih cerita yang tepat dan menyampaikaan pesan moral yang jelas akan menjadikan anak paham maksud Moms mendongeng. Yuk, Moms mulai malam ini mari mendongeng untuk buah hati.