1. Bawang Putih

1. Bawang Putih
source: http://static.baosuckhoecongdong.net/

Bawang putih telah dikenal dengan kandungannya yang memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Tidak perlu repot mencari, bahan yang satu ini pasti sudah ada di dapur Moms, kan? Bawang putih tepat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri penyebab keputihan.

Cara mengatasi keputihan dengan bawang putih sebenarnya bisa dengan cara apapun. Konsumsi bawang putih dengan rutin dan teratur akan sangat membantu Moms dalam mengatasi keputihan yang berlebihan dan tidak normal. Dengan rajin mengonsumsi bawang putih, bakteri akan terhambat masuk ke dalam area kewanitaan.

2. Daun Sirih

2. Daun Sirih
source: https://go-dok.com

Selain bawang putih, bahan alami yang dapat mengatasi keputihan berlebihan adalah daun sirih. Sama, daun sirih memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Sifat ini mampu mengobati infeksi penyebab jamur dan bakteri di daerah kewanitaan. Moms pasti juga banyak menemukan produk-produk kesehatan area kewanitaan berbahan dasar daun sirih, kan? Nah, sebenarnya Moms juga bisa membuatnya sendiri, lho.

Cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih adalah dengan merebus daun sirih. Air rebusannya kemudian harus Moms minum atau bisa juga gunakan untuk membasuh area kewanitaan. Cara ini harus dilakukan secara rutin ya.

baca juga

3. Cuka Apel

3. Cuka Apel
source: https://healthline.com/

Salah satu penyebab keputihan berlebihan dan tidak normal adalah kondisi pH di area kewanitaan yang tidak normal. Maka dari itu, untuk mengatasi keputihan berlebihan ini, caranya adalah dengan mengembalikan keseimbangan pH. Cuka apel bisa mengembalikannya dan keputihan teratasi.

Mudah saja kok, Moms. Caranya adalah meminum campuran cuka apel dengan air hangat. Agar terasa enak, Moms bisa tambahkan madu sebagai pemanisnya. Ramuan ini harus diminum secara rutin agar masalah keputihan dapat segera teratasi.

4. Kunyit

4. Kunyit
source: https://resepkoki.id

Cara mengatasi keputihan yang selanjutnya adalah dengan kunyit. Kunyit juga mengandung zat antibakteri. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kandungan ini dapat membantu mengobati keputihan hingga area kewanitaan bersih dari infeksi jamur dan bakteri penyebab keputihan berlebih.

Caranya sederhana dan mudah. Rebus kunyit yang sudah diparut sebelumnya. Kemudian, peras sari kunyit dan minum airnya. Agar enak diminum, Moms bisa tambahkan madu sebagai pemanis. Minumlah secara rutin, dua kali dalam sehari, agar Moms merasakan hasil yang maksimal.

baca juga

5. Jahe

5. Jahe
source: https://sawitplus.co/

Jahe adalah bahan kelima yang dapat membantu mengatasi keputihan. Jahe juga memiliki khasiat yang seperti bahan-bahan sebelumnya, untuk mengatasi keputihan yang berlebihan dan tidak normal. Tidak hanya menghilangkan keputihan, cara ini juga akan menyehatkan dan menghangatkan badan.

Cara menghilangkan keputihan dengan jahe juga mudah, Moms. Kali ini Moms harus sediakan daun asam dan garam juga. Jahe sebanyak dua ruas dicampur dengan daun asam yang ditumbuh sebanyak dua tangkai. Tambahkan setengah gelas air matang, kemudian saring ramuan ini dan tambahkan garam sedikit. Minumlah setiap hari secara rutin.