Berbicara tentang alpukat, rupanya buah dengan cita rasa gurih dan manis ini, tak hanya segar dinikmati sebagai jus buah. Alpukat juga populer lho, dijadikan masker wajah! Daripada penasaran, yuk langsung intip sejuta nutrisi yang terkandung di dalamnya!

Kandungan Gizi dalam Buah Alpukat

Dalam 100 gram buah alpukat, terdapat 160 gr kalori, 1,8 gr lemak tak jenuh ganda, 9 gr karbohidrat, 7 mg natrium, 485 mg natrium, 7 gr serat pangan, 0,7 gr gula, dan 2gr protein. Dilengkapi pula dengan vitamin A, B6, B12, C, D, kalsium, magnesium, dan zat besi. 

Bahkan, dalam 100 gram buah alpukat terkandung 0 gram kolesterol. Inilah sebabnya, alpukat sangat baik dikonsumsi dan dimanfaatkan sebagai bahan dasar perawatan kecantikan.

Kandungan Gizi dalam Buah Alpukat
baca juga

Khasiat Buah Alpukat untuk Kecantikan

Pakar kesehatan sangat menganjurkan untuk rajin makan buah alpukat. Pasalnya buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika ini, kegunaannya sangat beragam. Mulai dari mengobati arkhitis, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, lonjakan gula darah, kanker, depresi, hingga meningkatkan kesuburan rahim.

Tidak ketinggalan, manfaatnya juga sangat baik untuk kecantikan pria dan wanita. Masker buah alpukat bagus untuk menjaga kulit wajah tetap awet muda. Selain itu, dijadikan sebagai masker rambut juga oke banget lho, Moms! Dijamin, rambut pun indah berkilau dan terbebas dari ketombe!

Khasiat Buah Alpukat untuk Kecantikan

Manfaat Buah Alpukat untuk Wajah

Tekstur buah alpukat yang lunak dan lembut, membuatnya sangat gampang dijadikan bahan dasar masker perawatan wajah. Setidaknya, ada 7 manfaat alpukat yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Melembabkan dan menyehatkan wajah.
  2. ‎Sebagai antioksidan.
  3. ‎Mampu membersihkan pori-pori kulit secara maksimal.
  4. ‎Mencegah timbulnya kerutan dan penuaan dini.
  5. ‎Membuat kulit lebih kencang.
  6. ‎Mencegah tumbuhnya jerawat. Sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam alpukat, dapat mengurangi radang kemerahan & iritasi akibat jerawat pada kulit.
  7. Merawat kulit yang terbakar sinar ultraviolet. Riset tahun 2011 menunjukkan, kandungan vitamin D dan E, betakarotene, protein, lecithin, dan asam lemak tak jenuh dalam alpukat, bermanfaat untuk menetralisir kulit yang sering terpapar sinar matahari.
Manfaat Buah Alpukat untuk Wajah
baca juga

Cerahkan Wajah dengan Masker Buah Alpukat!

Bagi Moms yang mendambakan wajah tampak lebih putih dan cerah, tidak perlu bingung lagi. Masker buah alpukat merupakan solusi jitu yang alami dan mudah. Kandungan Biotin dalam alpukat bermanfaat untuk menyembuhkan kulit kering yang keriput dan merevitalisasi kulit kering yang pecah-pecah.

Cukup gunakan masker alpukat minimal 2 kali seminggu, masalah seputar kulit kering kemerahan, kasar, dan gatal pun, tidak akan mengganggu rutinitas Moms lagi.

Cerahkan Wajah dengan Masker Buah Alpukat!

Cara Membuat Masker Buah Alpukat

Masker Buah Alpukat dan Madu
Perpaduan alpukat dan madu dalam masker ini akan mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit yang keriput, menghaluskan dan mengurangi bintik-bintik hitam pada kulit.

Cara pembuatan dan pemakaian:
Haluskan satu buah alpukat matang. Campurkan dengan satu sendok makan madu, aduk rata hingga berbentuk pasta halus. Bilas wajah dengan air hangat untuk membuka sedikit pori-pori, lalu keringkan muka menggunakan handuk. Oleskan masker pada kulit wajah dan biarkan selama 20-30 menit. 

Masker Buah Alpukat dan Oatmeal
Oatmeal berfungsi untuk membantu menyembuhkan dan menghilangkan gatal. Sedangkan alpukat yang merupakan sumber vitamin E, kaya akan dengan minyak alami yang Moms butuhkan untuk menghidrasi dan melembabkan kulit kering.

Langkah pembuatan:
Haluskan 1 buah alpukat. Campurkan dengan 1 sendok makan oatmeal, lalu aduk rata.Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka sedikit pori-pori kulit wajah. Oleskan masker di wajah secara merata hingga kering. Diamkan selama 20-30 menit. 

Masker Buah Alpukat dan Yoghurt
Yogurt memiliki enzim yang mudah mengelupas sel kulit mati sekaligus dapat memutihkan kulit wajah secara alami. Sementara alpukat, baik untuk melembabkan kulit.

Petunjuk pemakaian:
Ambil satu sendok teh yogurt tawar. Hasilnya akan lebih baik jika Moms memilih yoghurt organik.  Campurkan yoghurt dengan 1 buah alpukat yang sudah dihaluskan. Agar pori-pori kulit terbuka, basuh wajah terlebih dahulu dengan air hangat. Selanjutnya, oleskan masker alpukat dan yogurt secara merata ke seluruh wajah, lalu diamkan hingga kering selama sekitar 20-30 menit.

Cara Membuat Masker Buah Alpukat

Sesuaikan bahan-bahan dasar pembuatan masker dengan kebutuhan kulit Moms. Setiap selesai menggunakan masker, selalu bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan kulit dengan handuk bersih.

Setelah itu, gunakan toner atau bilas muka dengan air dingin. Ini akan membuat pori-pori tertutup kembali dan kulit wajah tetap lembab. Selamat mencoba!