• Jerawat Batu

Jerawat batu alias cystic acne adalah jerawat yang terbentuk jauh di dalam kulit yang disebabkan penyumbatan oleh sel kulit mati, bisa juga disebabkan karena terperangkapnya bakteri di dalam pori-pori. Akibatnya, muncul benjolan merah dan bernanah. Sebagian besar jerawat batu ini menimbulkan rasa sakit ketika tersentuh. Menyebalkan memang, karena jerawat batu ini juga dapat mengganggu penampilan Moms.

Penyebab dari jerawat batu ini beraneka ragam, diantaranya hormon yang tidak seimbang, perempuan yang mendekati masa menopouse dan karena bakteri. Jika bakteri yang menjadi penyebab jerawat, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik. 

Mau Jerawat Cepat Hilang? Pengobatan dengan Antibiotik Ini Bisa Dicoba, Moms
source: http://zaqqeyaamin.blogspot.com/2016/10/ketahui-cara-hilangkan-jerawat-dengan.html?m=1
  • Antibiotik minum untuk jerawat batu:

Jenis antibiotik yang digunakan setiap individu akan berbeda-beda. Salah satunya antibiotik minum. Antibiotik ini diperlukan untuk membantu membunuh bakteri. Moms harus rutin meminumnya dan tidak boleh berhenti tanpa seizin dokter. Contoh salah satu antibiotik yang mungkin disarankan untuk kulit berjerawat adalah doxycycline & tetracycline.

Keduanya cukup efektif dalam banyak kasus jerawat. Namun, antibiotik ini tidak boleh diminum saat hamil dan ibu menyusui. Mengonsumsi tetracycline setelah usia kehamilan melewati empat bulan dapat mengubah warna gigi dan menghambat pertumbuhan tulang bayi.

Antibiotik oles untuk jerawat batu:
Beberapa produk antibiotik lokal untuk mengobati jerawat yang tersedia dalam bentuk krim, gel, dan lotion adalah clindamycin, erythromycin & dapsone.

Penggunaannya harus selalu dikombinasikan dengan benzoil peroksida dan dioleskan langsung pada jerawat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan berkembangnya resistensi antibiotik.

Mau Jerawat Cepat Hilang? Pengobatan dengan Antibiotik Ini Bisa Dicoba, Moms
source: https://www.webmd.com/drugs/2/drug-1465/clindamycin-phosphate-topical/details

Setiap antibiotik yang Moms konsumsi haruslah sesuai dengan anjuran dokter. Untuk dosis dan jenis antibiotik disesuaikan dengan permasalahan jerawat di kulit, Moms. Namun, yang perlu diingat adalah beberapa jenis antibiotik tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui, seperti tetracycline. Sebagai penggantinya, dokter akan meresepkan erythromycin yang lebih aman untuk digunakan.

Selain dapat membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari, tetracycline bisa mengurangi efektivitas pil KB pada beberapa minggu pertama pengobatan. Karena itu, dokter akan menganjurkan pasien menggunakan alat kontrasepsi lain seperti kondom selama menjalani pengobatan dengan tetracycline.

Nah, bagaimana Moms? Berniat menggunakan antibiotik untuk mengobati jerawat?