Papeda Makanan Khas Maluku Utara

Kita pergi sebentar Yuk, Moms ke sebelah Timur Indonesia yakni Maluku tepatnya bagian Utara. Ternyata di sana banyak makanan khas yang lezat-lezat dan mungkin Moms belum pernah coba loh! Apa saja? Seperti misalnya papeda, gohu ikan, gatang kenari, halua kenari, nasi jaha, ikan kuah pala banda, nasi lapola, sagu woku komo-komo, sambal colo-colo, bubur sagu ubi, kopi sibu-sibu, lapis palaro, gogos ikan, ikan komu asar, talam sagu bakar, suami, sanole, kohu-kohu, sagu lempeng dan masih banyak lagi.

Wah, nama-namanya aja unik banget ya, Moms. Bahkan belum pernah dengar sebelumnya kan? Untuk rasa makanannya juga pasti enak-enak deh, Moms karena dibuat dari campuran rempah-rempah dan bahan-bahan yang digunakan pun masih segar seperti ikan dan kepiting.

Makanan berbahan dasar sagu memang menjadi makanan pokok orang Maluku. Salah satu yang cukup familiar dan terkenal dari makanan khas Maluku Utara tersebut ya, papeda Moms. Papeda berwarna putih bening, memiliki tekstur yang kental, kenyal dan lengket mirip lem serta terbuat dari sagu. Dijadikan sebagai pengganti nasi dan sumber karbohidrat oleh masyarakat daerah Maluku. Papeda dengan rasanya yang tawar, biasanya dimakan dan disajikan dengan ikan kuah kuning dari ikan tongkol atau ikan mubara yang dibumbui kunyit dan jeruk nipis. 

Papeda juga kaya akan serat, rendah kolesterol, cukup bernutrisi dan yang pasti mengenyangkan karena terbuat dari sagu yang mengandung karbohidrat. Tak perlu jauh-jauh pergi ke maluku untuk bisa mencobanya, Moms. Buat sendiri papeda dengan resep ini dan cari tahu juga bagaimana sih cara memakan papeda yang lengket agar mudah ketika dimakan. 

Papeda Makanan Khas Maluku Utara

Cara Memakan Papeda

Di tempat asalnya, alat yang biasa digunakan untuk menyantap papeda bernama gata-gata. Sejenis garpu yang terbuat dari bambu dan digunakan untuk menggulung papeda dari piring sebagai pengganti sendok karena tekstur dari makanan khas Maluku ini yang lengket.

Alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan dua bilah sumpit dari bambu yang dipegang oleh masing-masing tangan untuk mengambil papeda. Caranya dengan memasukkan sumpit ke dalam adonan papeda kemudian putar-putar dengan gerakan menggulung dengan cepat hingga papeda terputus dari tempatnya. Lalu masukkan papeda yang berhasil diambil dengan sumpit ke dalam piring yang telah berisi kuah kuning yang cukup banyak. Kemudian makan papeda dengan menyedot atau menghisapnya dari tepi piring sembari meminum kuahnya.
 
Sungguh cara menyantap yang cukup unik dan membutuhkan trik ya, Moms. Tapi jika Moms tidak terbiasa, boleh saja kok menggunakan bantuan sendok untuk memakan papeda.

Cara Memakan Papeda
baca juga

Cara Membuat Papeda

Membuat makanan khas Maluku papeda, ternyata tidak begitu sulit, Moms. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup sederhana. Ikuti resep membuat papeda berikut ini ya, Moms.

Bahan-Bahan:

  • 100gr tepung sagu
  • 1 liter air
  • 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt gula

Cara membuat:

  1. Larutkan tepung sagu dengan ¼ bagian air. Kemudian tambahkan garam, gula dan bawang putih halus.
  2. Rebus sisa air hingga mendidih.
  3. Tuangkan air mendidih ke dalam adonan sagu secara perlahan-lahan sambil diaduk hingga sagu matang merata dengan air panas tersebut.
  4. Tanda sagu sudah matang adalah warnanya menjadi putih bening. Jika dirasa matangnya belum merata, adonan sagu dapat diletakkan di atas apai kecil sambil terus diaduk
  5. Begitu matangnya sudah merata, segera angkat sagu dan sajikan selagi hangat. Karena ketika dingin tekstur dan rasanya bisa berubah.
  6. Hidangkan papeda dengan ikan kuah kuning dan tumis sayuran (biasanya kangkung atau bunga papaya) atau dengan lauk pendamping lainnya sesuai selera. Bisa juga tambahkan sambal jika ingin sensasi pedas dan menambah rasa.

Sedikit atau banyaknya air panas yang digunakan untuk mencampur sangat penting karena bisa menentukan kekentalan papeda ya, Moms. Pastikan juga air yang digunakan sudah cukup mendidih untuk membuat seluruh adonan sagu matang. Selamat mencoba, Moms! 

Cara Membuat Papeda