Makanan Khas Maluku Utara: 

Papeda
Tidak seperti daerah di Indonesia lainnya, yang makanan pokoknya berupa nasi. Maka masyarakat Maluku Utara menjadikan sagu sebagai makanan pokok mereka. Bubur sagu atau dikenal dengan papeda ini bertekstur lengket seperti lem dan memiliki rasa tawar, masyarakat Maluku Utara biasa menyantap papeda ini dengan lauk ikan tongkol

Ikan kuah pala banda
Makanan ini merupakan makanan asli masyarakat di Kepulauan Banda. Pulau Banda memang dikenal karena rempah-rempahnya. Kuah nya terasa sangat segar dan asam bercampur dengan pedas dari buah pala. Ikan kuah pala ini biasanya disajikan dengan urap daun pepaya, ikan kakap merah bakar, dan sambal bekasang yang dibuat dari ikan cakalang tumbuk.

Sering Disebut Sashimi Ternate, Intip Lezatnya Gohu Ikan - Makanan Khas Maluku Utara
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.idntimes.com/food/recipe/amp/birgitta-angie/membuat-papeda-di-rumah

Ikan komu asar
Makanan ini adalah ikan cakalang yang dimasak dengan cara ditusuk dengan bambu lalu diasap selama satu jam. Selain menggunakan ikan cakalang, ikan komu asar ini bisa dibuat dari ikan tongkol atau ikan tuna. Ikan komu asar ini cocok disantap dengan nasi dan sambal colo-colo.

Sambal colo-colo
Sambal colo-colo ini merupakan sambal khas yang terkenal sangat pedas. Terbuat dari tomat muda, bawang merah, dan cabe rawit yang diiris tipis lalu diberi taburan garam dan disiram jeruk nipis. Tanpa diulek. Sambal colo-colo ini juga dapat ditambahkan dengan daun kemangi dan irisan kenari mentah dan juga kecap manis. Wah membayangkannya saja sudah terasa nikmat ya Moms!

Gohu ikan
Siapa bilang kalo makanan Sashimi atau daging ikan mentah yang disajikan untuk langsung disantap hanya dimiliki oleh bangsa Jepang? Wilayah Maluku Utara pun memiliki makanan khas yang berbahan dasar ikan tuna atau cakalang mentah. 

Gohu ikan atau yang biasa disebut Sashimi Ternate ini memiliki rasa yang tak perlu diragukan lagi. Menurut beberapa juru masak yang sangat fasih memasak makanan ini, aroma amis sudah hilang dengan sendirinya ketika daging ikan dicampur perasan lemon dan garam. Selain itu, tingkat kementahan daging pun berkurang ketika didiamkan beberapa saat. Finalnya adalah saat minyak kelapa dituangkan di atas ikan yang sudah diberi cabe dan bawang merah. Hmmm pecah dilidah!

Nah, sekarang Moms bisa membuat sendiri sajian khas Maluku Utara ini, simak yuk caranya!

Sering Disebut Sashimi Ternate, Intip Lezatnya Gohu Ikan - Makanan Khas Maluku Utara
source: https://www.negerisatu.id/2018/10/gohu-ikan-kuliner-ikan-mentah-asal-ternate/

Bahan-bahan:

  • 200 gr ikan tuna, potong dadu, cuci bersih.
  • 1 genggam kacang tanah kupas, goreng hingga kekuningan, tumbuk kasar.
  • 4 sdm minyak kelapa kletik.
  • 5buah cabe rawit, rajang kasar.
  • 1 genggam kemangi, rajang kasar.
  • 8 siung bawang merah, cincang kasar.
  • 2 buah jeruk nipis / lemon.
  • ¼ sdt garam.


Cara membuat:

  1. Lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis / lemon dan garam, campurkan cincangan daun kemangi.
  2. Tambahkan cincangan cabe rawit, bawang merah dan kacang tanah.
  3. Siram dengan minyak yang sudah dipanaskan. Bila ingin agar tuna lebih matang, minyak panas dapat ditambah hingga semua permukaan tuna terkena minyak panas.
  4. Sajikan segera

Mudah bukan membuatnya Moms? Selamat mencoba ya!