Untuk Moms yang kini sedang berada dalam program KB, ada baiknya mengetahui alternatif cara alami menunda kehamilan berbekal pemahaman akan siklus menstruasi wanita. Dengan mengetahui siklus menstruasi dan masa subur, sebenarnya perencanaan kehamilan bisa dilakukan dengan mudah.

Aplikasi kalender menstruasi yang bisa didownload secara gratis adalah salah satu tools yang membantu. Melalui aplikasi terebut, Moms bisa mengetahui masa subur di mana kehamilan sangat mungkin terjadi. Jika diketahui sedang berasa dalam masa subur, Moms bisa menghindari untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan agar program menunda kehamilan dapat berhasil.

Sebagai ilustrasi, dalam aplikasi kalender menstruasi ini pertama-tama Moms bisa memasukkan tanggal terakhir menstruasi. Kalender menstruasi dan masa subur dalam aplikasi akan mencatatnya dan memberikan alarm ketika moms memasuki masa subur yang mana berarti tidak aman untuk berhubungan seksual. Selain itu, aplikasi kalender menstruasi juga akan mengingatkan Moms jika masa-masa menjelang menstruasi hendak tiba. Sangat membantu kan, Moms?
Tanpa KB, Kalender Menstruasi Bisa Jadi Cara Menunda Kehamilan Alami

Meski aplikasi kalender menstruasi dan masa subur sudah tersedia dan bisa diunduh secara gratis, kita tetap harus mengetahui secara mandiri ketika memasuki masa subur. Sebab, secara alami cara mengetahui masa subur sebenarnya juga bisa ditengarai dari gejala-gejala fisik dan psikis dari diri kita lho, Moms!

Jadi, tak hanya mengandalkan alarm dari aplikasi kalender menstruasi, Moms tetap akan tahu saat-saat terlarang untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan agar kehamilan tidak terjadi.
Nah, secara fisik dan psikis, seperti apa sih ciri-ciri masa subur yang umum dialami oleh para wanita?

1. Meningkatnya Gairah Seksual
Meningkatnya hormon estergoen pada masa subur umumnya membuat wanita pada masa subur cenderung mengalami gairah seksual yang meningkat. Nah, jika sedang ada tanda-tanda ini, sebaiknya segera buka dan cocokkan dengan peringatan dari aplikasi kalender menstruasi milik Moms, ya! Apakah benar Moms sedang dalam masa subur atau bukan.

2. Keluarnya Cairan Bening dari Vagina
Dalam masa subur, vagina akan mengeluarkan cairan bening yang tidak berbau dengan konsistensi yang agak kental. Cairan ini adalah cairan yang lubrikasi yang keluar secara alami ketika rahim sedang dalam fase siap dibuahi.

3. Payudara Terasa Membesar dan Penuh
Masih karena hormon, pada masa subur payudara wanita akan terasa membesar, penuh dan terkadang nyeri. Jika merasakan tanda-tanda ini di tanggal-tanggal menjelang menstruasi, itu artinya Moms sedang berada dalam masa subur dan memiliki tingkat kemungkinan hamil yang lebih besar.

4. Keluarnya Bercak Kecokelatan
Bercak kecokelatan adalah tanda selanjutnya bahwa Moms sedang berada pada masa subur. Bercak kecokelatan ini berasal dari sel telur yang matang dan siap dibuahi. Jika terjadi pembuahan, maka kemungkinan Moms akan hamil, dan jika tidak dibuahi maka sel telur ini akan luruh menjadi darah menstruasi.

5. Perut Bawah Terasa Nyeri
Rasa nyeri pada perut bagian bawah disebabkan oleh aktifitas rahim yang meningkat sebab kematangan sel telur. Hal ini biasa terjadi pada masa subur wanita dan akan berlanjut hingga menjelang menstruasi.

6. Emosi Lebih Sensitif
Hampir sama dengan PMS atau Pre Menstruation Syndrome, pada masa subur secara psikis emosi kita akan lebih sensitif. Lonjakan hormonal ini membuat aktifitas dopamine dalam otak menjadi sedikit terganggu sehingga mood swing juga rentan untuk dialami.

7. Lebih Sering Berkeringat
Suhu tubuh pada masa ovulasi cenderung hangat. Banyaknya volume keringat yang dikeluarkan meski tidak melakukan aktifitas berat teryata juga menjadi salah satu cara mengetahui masa subur wanita lho, Moms!

Tanpa KB, Kalender Menstruasi Bisa Jadi Cara Menunda Kehamilan Alami

Nah, itulah cara mengetahui masa subur secara alami yang harus Moms ketahui untuk mendukung program menunda kehamilan. Dengan memahami cara menunda kehamilan secara alami berbekal aplikasi kalender menstruasi dan pengetahuan tentang masa subur, niscaya program KB secara alami akan berhasil dan tubuh pun tetap sehat. Selamat mencoba Moms!