Bolehkah Makan Durian Saat Hamil Muda?

Hamil Muda Mengidam Makan Durian, Boleh Enggak Sih?

King of fruit atau raja dari segala macam buah, durian jadi favorit semua orang dari kecil hingga dewasa. Tapi bolehkah hamil muda makan durian? Mengonsumsi durian sering dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti hiperkolesterol, diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Namun faktanya, hamil muda makan durian sih boleh-boleh saja. Seperti buah pada umumnya, durian juga memiliki nilai gizi bagi ibu hamil. Dengan cacatan jumlah konsumsinya juga harus tepat atau tidak berlebih. Karena apapaun yang berlebih tidak akan baik ya, Moms.

Kandungan Nutrisi Durian yang Baik untuk Ibu Hamil

Hamil Muda Mengidam Makan Durian, Boleh Enggak Sih?

Durian dapat dikonsumsi karena kandungan nutrisi durian untuk ibu hamil muda sangat banyak misalnya zat fenol, flavonoid, dan karotenoid sebagai antioksidan penting yang menangkal radikal bebas serta melindungi kerusak sel-sel dalam tubuh ibu dan janin.

Vitamin B, C, dan E serta mineral esensial seperti zinc, mangan, besi, natrium, magnesium, kalsium, kalium, dan fosfat pada durian penting untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Tingginya serat akan membantu menyerap air dan makanan dalam sistem pencernaan yang dapat mengatur pergerakan usus.

Manfaat makan durian saat hamil muda yang lain adalah sebagai obat insomnia. Pada trisemester awal ibu hamil akan kesulitan tidur kan Moms, triptofan pada durian bisa menjadi solusi dalam mengurangi gangguan tidur. Anemia yang juga sering dialami dapat ditangani dengan kandungan asam folat yang tinggi pada durian. Dengan demikian, dapat disimpulkan durian memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil ya Moms.

baca juga

Efek Samping Konsumsi Durian Berlebih Saat Hamil Muda

Hamil Muda Mengidam Makan Durian, Boleh Enggak Sih?

Walau durian memiliki segudang nutrisi, tapi makan dalam jumlah tak terkontrol juga berbahaya. Efek samping makan durian berlebihan saat hamil muda antara lain keguguran. Hal ini biasa terjadi pada trisemester awal dimana kandungan masih dalam kondisi rawan.

Dampak lain yaitu preeklamsia atau kompilasi kehamilan karena hipertensi. Hal itu terjadi pada ibu hamil muda memiliki riwayat hipertensi. Makan durian terlalu banyak mampu memperbesar tubuh bayi, sehingga mempersulit proses melahirkan bahkan kelahiran prematur pada bayi. Selain itu konsumsi durian berlebih menyebabkan naiknya kolestrol dalam tubuh, serem kan Moms kalau sampai hal itu terjadi.

Karenanya konsumsilah durian dengan secukupnya dan terapkan tips makan durian bagi ibu hamil muda ini. Pertama makanlah durian dengan porsi secukupnya. Kedua, perbanyak minum air putih setelah makan durian.

Ketiga, hindari makan durian yang terlalu matang dan berdaging sangat tebal, karena dapat menyebabkan kolesterol pada ibu hamil. Keempat, gunakan rongga kulit durian sebagai cawan air minum untuk menghindari bau mulut dan pusing.

Mengkonsumsi durian pada prosinya menjadi pilihan terbaik bagi ibu hamil muda yang ingin tetap makan durian. Dengan begitu kesehatan ibu dan janin pun akan terjamin. Jaga pola makan dan tetap pilih asupan terbaik. Semangat sehat ya Moms.