Nutrisi Dibalik Nikmatnya Buah Mangga

Kenali Jenis-Jenis Mangga & Manfaatnya untuk Kesehatan Keluarga

Mangga adalah buah dengan jutaan nutrisi. Kandungan nutrisi dalam buah mangga yaitu kalori, karbohidrat, air, protein, gula, lemak, vitamin A, C, D, E, K, B1, B2, B3,B5, B6, B9 kalsium, magnesium, fosfor, potassium, sodium, dan seng.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada buah mangga, maka tidak mengherankan jika mangga banyak disukai. Makanya, olahan buah mangga juga saat beragam seperti dijadikan jus, salad buah, manisan, puding dan masih banyak lagi. 

Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan & Kecantikan

Kenali Jenis-Jenis Mangga & Manfaatnya untuk Kesehatan Keluarga

Melihat dari banyaknya nutrisi maka sudah pasti manfaat buah mangga untuk kesehatan juga banyak misalnya sebagai pencegah kanker prostat. The European Prospective Investigation of Cancer juga telah meneliti mangga dapat menurunkan risiko kanker saluran pencernaan.

Bahan bioaktif dalam mangga seperti ester, aldehid, serta terpene mampu meningkatkan nafsu makan dan fungsi sistem pencernaan. Rebusan daun mangga juga dapat mengatur kadar insulin. Kalium yang tinggi menjadikan mangga sebagi penangkal penyakit jantung.

Di samping itu, manfaat buah mangga untuk kecantikan juga ada lho Moms. Seperti, untuk mencegah jerawat, meredakan peradangan kulit akibat jerawat. Selain itu tingginya vitamin A dan C pada mangga mampu membentuk protein kolagen yang baik bagi keremajaan kulit. Melihat dari banyaknya manfaat membuat mangga bisa buah favorit keluarga dong, Moms.

baca juga

Jenis-jenis Buah Mangga di Indonesia

Kenali Jenis-Jenis Mangga & Manfaatnya untuk Kesehatan Keluarga

Jenis-jenis buah mangga di Indonesia cukup banyak. Mangga Arumanis salah satunya, berasal dari Probolinggo. Mangga ini baunya harum serta rasa manis. Kulitnya hijau gelap dilapisi dengan lilin tipis alami berwarna abu. Daging buahnya berwarna kuning, tebal, dan lembut dengan sedikit serat.

Jenis mangga selanjutnya Mangga Indramayu. Mangga ini memiliki aroma kuat dengan sedikit rasa manis. Ukuran yang lebih besar daripada jenis lainnya. Bila matang warna kulit hijau dan kekuningan. Daging buahnya tebal, sedikit berair dan seratnya menonjol.

Selanjutnya, jenis Mangga Golek. Mangga ini daging buahnya tebal tapi lembut, sedikit berair dan berserat. Warna kulit saat matang hijau-kekuningan dengan bintik coklat. Karena rasanya tidak terlalu asam dan renyah saat muda Mangga Golek enak dijadikan rujak.

Kenali Jenis-Jenis Mangga & Manfaatnya untuk Kesehatan Keluarga

Mangga Kweni jenis mangga yang aromanya kuat dengan daging buahnya sedikit lembek saat masak namun berair dan serat. Mangga Kweni muda bisa dijadikan rujak atau campuran es buah karena rasanya yang segar.

Mangga Manalagi bisa jadi jenis terfavorit karena rasanya manis dengan daging tebal, berat, dan berserat. Ukurannya buahnya kecil dan kulit mirip Mangga Arumanis. Manalagi muda  enak dijadikan rujak.

Varietas mangga ukuran kecil lainya adalah Mangga Apel dengan bentuk lebih bulat seperti apel. Kulitnya berwarna hijau dan agak kemerah-merahan pada bagian atas buah. Mangga Apel muda rasanya asam dan memiliki tekstur renyah, saat matang rasanya manis dan memiliki tekstur yang lembut.

Dari semua jenis mangga tadi, mana yang menjadi favorit Moms? Semua enak dan bermanfaat, yuk konsumsi mangga untuk kesehatan keluarga.