Diare pada Anak

Penyakit diare sering kali datang menyerang anak-anak. Selain karena daya tubuh yang masih rentan, anak-anak terkadang sering memasukkan tangan ke dalam mulut, atau bermain kotor-kotoran kemudian langsung menyantap makanan dengan tangannya. Kondisi diare pada anak sangat mengganggu. Selain perubahan pada konsistensi dan frekuensi buang air besar, juga dapat mengganggu nafsu makan si kecil.

Kenali Diare pada Anak dan Cara Ampuh Mengatasinya
source: https://youaremom.com/wp-content/uploads/2018/04/constipation.jpg

Ciri-ciri Diare

Diare awal mula ditandai oleh sakit pada bagian perut, bahkan sampai mengalami kram perut. Setelah itu bentuk feses akan berubah dari biasanya, akan menjadi lembek dan cair. Bila terserang diare, Moms akan buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari. Kalau penyakit diare sudah berlanjut, biasanya akan diikuti dengan mual, muntah dan sakit kepala karena kekurangan cairan. Karena banyak cairan yang dikeluarkan, maka Moms akan mengalami dehidrasi dan merasa haus terus menerus. Selain itu nafsu makan juga akan berkurang pada saat diare.

Kenali Diare pada Anak dan Cara Ampuh Mengatasinya
source: http://healthychi.com/wp-content/uploads/child-in-pain.jpg
baca juga

Penyebab Diare pada Anak

Penyakit diare pada umumnya disebabkan oleh virus. Adanya virus dalam saluran pencernaan menyebabkan terjadinya infeksi saluran pencernaan. Masuknya virus ke dalam tubuh anak bisa melalui apa saja. infeksi bakteri atau parasit juga bisa menjadi salah satu penyebab dari diare. Selain virus, infeksi bakteri, dan parasit, diare juga dapat disebabkan oleh keracunan makanan, penggunaan antibiotik, dan alergi makanan. Jadi, perlu diperhatikan makanan yang dikonsumsi si kecil ya Moms!

Kenali Diare pada Anak dan Cara Ampuh Mengatasinya
source: https://uploads1.bundoo.com/wp-content/uploads/2013/06/diarrhea-in-newborns.THUMB_-800x500.jpg

Cara Mengatasi Diare pada Anak

Yang perlu diperhatikan saat anak diare yaitu Moms tetap harus memberi makan dan minum pada si kecil, serta beri larutan gula garam atau oralit. Buah pisang dan buah-buahan berserat juga bagus dikonsumsi jika anak terserang diare. Konsultasikan dengan dokter apabila diare tak kunjung membaik ya Moms!

Kenali Diare pada Anak dan Cara Ampuh Mengatasinya
source: http://blog.alfacart.com/wp-content/uploads/2017/10/buah-untuk-anak.jpg
baca juga

Penyembuhan Penyakit Diare

Diare pada anak umumnya akan sembuh dengan sendirinya dan tidak butuh penanganan khusus. Hal tersebut disebabkan karena sistem imunitas pada tubuh anak akan bekerja secara otomatis membasmi bakteri atau virus dalam tubuh. ​​​​​​Biasanya jika berkunjung ke dokter, si kecil akan diberikan larutan oralit, antibiotik, antidiare, dan probiotik.

Kenali Diare pada Anak dan Cara Ampuh Mengatasinya
source: https://cdn.axar.az/2017/08/31/bioloji1.jpg

Demikian gejala, penyebab, dan cara mengatasi diare pada si kecil. Semoga si kecil terhindar dari penyakit ini ya, Moms. Semoga bermanfaat.