Apa Sih Penyakit Kista Ovarium itu?

Apa Sih Penyakit Kista Ovarium itu?

Kista ovarium adalah sejenis tumor jinak yang tumbuh di salah satu ovarium. Sejatinya, setiap wanita memiliki dua indung telur atau yang disebut ovarium. Biasanya, setiap bulan wanita akan melepaskan sel telur dari ovarium secara bergantian. Oleh karena itu, ovarium memegang peranan penting dalam proses pembuahan. Bisa Moms bayangkan bagaimana jika kista tersebut muncul di salah satu ovarium, tentunya bisa mengganggu dong ya.

Namun ternyata, tak banyak wanita tahu, bahwa setiap wanita setidaknya pernah mengalami kista sekali seumur hidup. Tapi umumnya tidak menyakitkan dan tidak berbahaya. Untuk kasus normal, ternyata kista ini bisa hilang dengan sendirinya lho, Moms. Tapi Moms tetap perlu waspada, ternyata kista ini malah bisa makin membesar dan pecah.

Apa Saja Gejala Penyakit Kista Ovarium?

Apa Saja Gejala Penyakit Kista Ovarium?

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa biasanya kista ovarium tidak memberikan rasa sakit, tak jarang banyak wanita di luar sana yang tidak menyadari akan kehadiran kista ini. Namun, jika kista ovarium tetap tumbuh, makin membesar dan pecah biasanya akan timbul gejala-gejala seperti:

  1. Nyeri perut bagian bawah
  2. Nyeri panggul sebelum dan sesudah menstruasi
  3. Menstruasi tidak teratur
  4. Sakit di bawah perut yang menyebabkan ketidaknyamanan saat berhubungan sexual
  5. Merasa kembung
  6. Kesulitan buang air besar
  7. Lebih sering buang air kencing karena terjadi tekanan pada kantung kemih
  8. Mudah kenyang saat makan
  9. Mual, muntah bahkan nyeri pada payudara seperti gejala hamil

Wah banyak ya Moms gejala yang ditimbulkan dari kista ovarium ini. Jika dilihat dengan seksama, ternyata gejala yang ditimbulkan cenderung sering kita alami ya, Moms. Lalu apa sih penyebab tumbuhnya kista ovarium ini? Keep on reading!

baca juga

Penyebab Penyakit Kista Ovarium

Tenyata, penyebab kista ovarium ini dapat bermacam-macam, Moms. Tergantung pada letak kista yang timbul. Penasaran kan? Ini dia penjelasannya.

Penyebab Penyakit Kista Ovarium

1. Kista Fungsional

Kista ini muncul sebagai bagian siklus menstruasi. Nah, ini dia Moms kista yang pernah dialami oleh setiap wanita. Kista ini dapat cepat hilang dan tidak berbahaya. Ternyata kista fungsional pun masih terbagi lagi menjadi dua yaitu kista korpus luteum dan kista folikel. Apa sih itu?

  1. Kista korpus luteum, disebabkan karena lubang sel telur pada korpus luteum tersumbat sehingga penumpukan cairan pun terjadi. Umumnya, kista ini akan hilang dalam beberapa bulan namun ternyata masih memiliki kemungkinan untuk membesar dan pecah lho, Moms.
  2. Kista folikel, folikel sendiri merupakan tempat sel telur berkembang sebelum dilepaskan. Akan tetapi jika folikel tersumbat dan terjadi gangguan, maka folikel akan membengkak karena penuh dengan cairan dan terjadilah kista. Jika hal ini terjadi, maka pelepasan sel telur pun akan terganggu. Namun, kista folikel ini dapat hilang kok dengan sendirinya dalam beberapa minggu Moms.
baca juga

2. Kista Patologis

Berbeda dengan kista fungsional, kista patologis ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan siklus menstruasi. Umumnya, disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal. Kista patologis pun masih terbagi menjadi dua, penjelasannya sebagai berikut ya, Moms.

  1. Kista demoid, paling umum terjadi pada wanita berusia di bawah 40 tahun. Kista ini muncul karena adanya sel abnormal. Umumnya kista demoid ini tidak ganas, tapi dapat berkembang dan membesar hingga berdiameter 20 cm sehingga harus diangkat dengan proses operasi.
  2. Kista adenoma, paling umum terjadi pada wanita berusia di atas 40 tahun. Kista ini terbentuk dari sel-sel jaringan luar ovarium. Kista adenoma dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kista adenoma serosa (berukuran kecil) dan kista adenoma mukosa (berukuran besar). Kista ini jarang yang bersifat ganas, tapi dapat menyebabkan ovarium terpelintir sehingga aliran darah ke ovarium pun tersumbat.

Apakah Penderita Kista Ovarium Bisa Hamil?

Apakah Penderita Kista Ovarium Bisa Hamil?
Meskipun kista ovarium ini akan berdampak pada kesuburan karena langsung menyerang sel telur, tapi Moms enggak perlu khawatir. Kista ovarium ini bisa dengan mudah diangkat melalui jalur operasi kok, Moms. Sehingga kemungkinan untuk hamil masih tetap ada. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jika Moms mengalami salah satu gejala yang disebutkan di atas, enggak ada salahnya kok Moms konsultasikan dengan dokter melakukan pemeriksaan lebih dini.

Semangat, Moms!