Ikan Hias Predator Air Tawar Asli Indonesia

Pesona Ikan Hias Predator Air Tawar Jadi Incaran Para Kolektor, Cari Tahu Jenisnya Yuk!

Jenis-jenis ikan hias predator air tawar sudah umum diketahui orang Indonesia. Semisal, ikan Arwana ikan hias predator asli Indonesia. Ikan hias predator cantik ini bahkan pernah terjual dengan harga kisaran belasan hingga puluhan juta lho, Moms.

Ikan selanjutnya yang tidak kalah populer adalah ikan Toman (red snakehead) jenis ini mampu memiliki panjang hingga 1.5 m dan akan sangat agresif saat menjaga telurnya. Ikan hias ini memiliki warna emas yang cantik.

Untuk jenis lain ada Belida yang berasal dari Sumatra, ikan predator paling agresi ini termasuk jenis yang langka karena peminatnya cukup banyak dan perburuan liarpun terus terjadi.

Selanjutnya ada jenis ikan Danoid atau yang dikenal dengan ikan tiger. Ikan dengan garis-garis hitam kuning ini bisa tumbuh hingga 65 cm lho, Moms. Danoid juga dapat hidup hingga 15 tahun dengan perawatan baik.

Ikan Hias Predator dari Sungai Amazon

Pesona Ikan Hias Predator Air Tawar Jadi Incaran Para Kolektor, Cari Tahu Jenisnya Yuk!
source: https://www.worldatlas.com/

Sungai Amazon memang terkenal akan keganasan predatornya, salah satunya piranha. Piranha yang berasal dari Amazon ini sudah menggambarkan stigma tentang kengerian sungai Amazon. Sebagai jenis ikan hias predator ukuran kecil banyak kolektor yang memburunya jadi hiasan akuarium lho.

Selain itu ada jenis ikan hias predator belut listrik. Ikan hias predator unik ini mampu menghasil listrik untuk menangkap mangsanya. Berkat organ internal khusus jenis ikan ini mampu menghasilkan kejutan listrik lebih dari 500 volt. Waw hebatkan kan Moms.

Jenis lain ada ikan Aligator gar, ikan dengan dengan panjang 2,5 meter tergolong ikan agresif. Ikan Aligator gar bahkan dilarang dj perjual belikan di beberapa negara karena dianggap mampu mengancam ikan lokal. Ikan primitif ini merupakan ikan asli Amerika yang diburu banyak kolektor dengam harga yang fantastis lho, Moms. 

baca juga

Ikan Hias Predator Murah & Mahal

Pesona Ikan Hias Predator Air Tawar Jadi Incaran Para Kolektor, Cari Tahu Jenisnya Yuk!

Tingginya permintaan ikan hias membuat para pembudidaya ikan mulai melirik jenis ikan predator. Hal ini memunculkan variasi harga ikan hias predator. Harga ikan hias predator murah atau mahalnya ditentukan dari jenis, kelangkaan dan keindahanya.

Ikan jenis oskar misalnya dijual pada kisaran Rp15.000 - Rp30.000 berdasar ukuran. Untuk jenis Belida anakan dihargai dengan Rp50.000 per ekor. Sedangkan piranha yang jumlah budidayanya makin banyak, anakannya dipasaran terjual Rp10.000 per ekor.

Arwana yang merupakan ikan hias predator asli Indonesia masih memiliki harga yang tertinggi sekitar Rp3.000.000 - Rp15.000.000 untuk jenis super red blood. Beli arwana rasanya seperti beli 1 unit motor ya Moms.

Memiliki hobi bukanlah suatu kesalahan, namun kemampua dalam memenuhinya harus jadi pertimbangan. Boleh memilih ikan hias predator sebagai koleksi tapi lakukan dengan bijak dan selalu menjaga kelestarian alam ya.