Buah-buahan Penurun Kolesterol

Buah selain kandungan mineral yang tinggi, ia juga memiliki manfaat lebih untuk mencegah dan mengatasi penimbunan kolesterol dalam tubuh. Kandungan kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan lemak menumpuk dan mengganggu jalannya peredaran darah. Akibat penyempitan saluran darah tersebut. Penyempatan oembuluh darah inilah yang mengakibatkan munculnya penyakit jantung dan sebagainya. 

Buah-buahan Penurun Kolesterol

Kandungan serat yang larut dalam air dapat mengikat asam empedu sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Salah satu jenis serat yang larut adalah pektin. Nah, ada beberapa buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu kandungan vitamin, mineral dan senyawa lainnya juga dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Maka mengkonsumsi buah alpukat setiap hari sangat berpengaruh dalam tubuh. 

Buah Alpukat

Adapun manfaat lain dari buah ini adalah alpukat juga sangat baik bagi penderita diabetes karena mengandung banyak omega-9 dan serat. Omega-9 dan serat ini berkhasiat menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga jika ingin menurunkan kolesterol, dengan mengkonsumsi alpukat moms juga bisa menstabilkan gula darah dan berat badan yang berlebih lho. So, jangan malas untuk mengkonsumsi alpukat ya moms jika badan sudah terasa kelebihan kolesterol.

baca juga

Buah Jambu Biji

Buah yang kedua adalah buah jambu biji. Buah yang terdiri dari sedikit daging jambu dan biji yang banyak ini ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, moms. 

Buah Jambu Biji

Buah jambu biji memiliki banyak kandungan vitamin dan senyawa baik seperti flavonoid, vitamin C dan E, karotenoid dan selenium. Kandungan antioksida flavonoid tersebut dikenal sebagai antioksidan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

Buah Apel

Ternyata buah yang berkulit merah, pink atau hijau ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol lho, moms. Buah apel ini mengandung serat yang bernama serat pektin. Dimana serat pektin tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol melalui feses. 

Buah Apel

Adapun cara menikmati buah ini untuk mengurangi kadar kolesterol adalah dengan tidak mengupas kulit apel tersebut. Jadi, moms makan buah ini beserta kulitnya ya. Karena kandungan tersebut berada diantara kulit dan daging apel. 

Selain dikonsumsi langsung, buah apel juga bisa dijadikan cuka. Jika mengkonsumsi cuka apel tersebut secara rutin, maka akan mengurangi diabetes dalam tubuh. 

baca juga

Buah Jeruk

Buah selanjutnya adalah buah jeruk. Jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh. Jeruk juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap dalam usus halus moms. Buah penurun kolesterol berwarna oranye ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.

Buah Jeruk

Vitamin C yang terkandung di dalam buah ini selain bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL, juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.