Bagi perempuan, memiliki wajah yang halus mulus merupakan idaman. Tapi seringkali jerawat yang tiba-tiba muncul membuyarkan harapan tersebut ya, Moms. 

Jerawat memang menjadi masalah kulit yang mengganggu siapapun karena rasa ngilunya dan juga kemunculannya yang merusak penampilan. Umumnya jerawat memang menghampiri para remaja karena faktor ketidakseimbangan hormon di masa puber.

Tetapi tak menutup kemungkinan juga dialami orang dewasa karena berbagai faktor, misalnya hormon jelang menstruasi dan hamil, kosmetik yang tidak cocok atau pun pembersihan wajah yang kurang total.

Bingung Mencari Skincare untuk Kulit Berjerawat? Ini Dia Perawatan yang Bisa Moms Pilih


 

Skincare kulit berminyak dan jerawat


Mencari skincare jerawat terbaik memang gampang-gampang sulit ya, Moms. Namun pada dasarnya skincare untuk kulit bejerawat ini beriringan dengan skincare untuk kulit berminyak, karena jerawat merupakan dampak dari kelebihan kelenjar minyak pada wajah.

Merawat kulit yang berminyak dan berjerawat bisa dilakukan dengan memilih produk skincare khusus untuk kulit berjerawat. Kenapa harus khusus? Karena biasanya skincare untuk kulit berjerawat telah diformulasikan dengan bahan yang lembut dan anti-acne agent yang terkandung di dalamnya, misalnya tea tree oil.

Ada beberapa pilihan skincare kulit berminyak dan jerawat yang ada di pasaran Indonesia, misalnya merk Acnes, Sariayu, Himalaya, Ponds dan lain-lain.
 

Skincare kulit berminyak dan jerawat


 

baca juga

Skincare untuk kulit berjerawat dan kusam


Kulit yang berjerawat terkadang membuat pemiliknya malas merawatnya karena sudah terlanjur putus asa. Jangan sampai hal itu terjadi pada Anda ya, Moms. Semakin lama kulit berjerawat ditangani, ia akan semakin parah dan membuat kulit jadi kusam.

Untuk kulit berjerawat, biasanya disarankan untuk menghindari scrubbing karena dapat membuat kulit yang berjerawat teriritasi. Tapi kamu tetap bisa mengangkat sel kulit mati dari wajahmu kok. Pilih facial wash dengan daily scrub lembut yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat.

Selain itu rutin gunakan masker untuk menutrisi kulit dan mempercepat penyembuhan jerawat. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan moisturizer dan sunscreen agar kulit terjaga kelembapannya dan menjaga dari dampak buruk sinar UVA/UVB yang membuat kulit jadi kusam.
 

Skincare untuk kulit berjerawat dan kusam


 

Skincare untuk kulit berjerawat dan sensitif


Kulit yang berjerawat erat kaitannya dengan kulit sensitif. Kemerahan akibat radang dan iritasi adalah wujudnya. Penting banget untuk memilih sabun pembersih wajah yang tidak mengandung bahan kimia yang beralkohol dan keras. Misalnya Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

Kulit yang sensitif, apalagi berjerawat memang butuh perawatan yang jeli dan tidak bisa asal menggunakan produk skincare. Salah satu produk yang lembut untuk kulit berjerawat dan sensitif adalah rangkaian skincare dari Wardah Acne Series. Dengan harga masing-masing produk di bawah Rp 50 ribu, Wardah Acne Series menjadi pilihan skincare yang telah disesuaikan dengan kondisi kulit bermasalah perempuan Indonesia.

Skincare untuk kulit berjerawat dan sensitif


 

baca juga

Review skincare untuk menghilangkan bekas jerawat


Ada beberapa rangkaian skincare khusus jerawat dari produk kosmetik yang bisa dibeli di drugstore di Indonesia. Misalnya dari Wardah dan Sariayu.

https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/prelo/images/resized/base/products/5adc2451f87cbb095f418975/wardah-acne-series-753dd59bd01f-YEd6HD-1-1524376657153.jpgsource: https://amazonaws.com
Seri acne yang dikeluarkan Wardah terdiri dari lima produk, yaitu acne cleansing gel, pore tightening toner, acne perfecting moisturizer gel, acne treatment gel dan acne gentle scrub. Ada beberapa bahan yang diunggulkan dalam series ini, misalnya Allantoin untuk mencegah terjadinya iritasi, zinc gluconate untuk mengurangi minyak berlebih, aloe vera dan pro vitamin B5 yang berfungsi melembapkan dan merawat kulit wajah berjerawat.

https://yukcoba.in/uploads/reviews/494//Review-sariayu-paket-acne-series-11.jpgsource: https://yukcoba.in
Sementara itu, Sariayu juga memiliki acne series yang variannya lebih beragam. Mulai dari facial wash, lotion jerawat, sabun jerawat, masker jerawat hingga kaplet jerawat. Sariayu, sebagai merk lokal yang sangat menjunjung tinggi kearifan bahan-bahan alami, menggunakan daun pegagan sebagai bahan utama dari series ini.
 

Yang terpenting dalam merawat kulit berjerawat adalah konsistensinya ya, Moms. Karena jerawat tidak bakal bisa hilang dalam semalam, maka Moms harus telaten. Skincare saja tak cukup, tetapi juga harus didukung dengan kebersihan diri, makanan bergizi dan banyak minum air putih.

Semoga informasi ini bisa membantumu, Moms.