Kegemukan pada wanita dapat mempengaruhi keseimbangan hormon yaitu estrogen (sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai hormon seks wanita) dan progesteron (hormon seks wanita yang diproduksi oleh indung telur (ovarium) dan kelenjar adrenal.). Hormon tersebut berfungsi menjaga kehamilan dan tumbuh kembang embrio dan ketidakseimbangan hormonal yang mengganggu siklus menstruasi dan mempengaruhi kesuburan. 

Bila terjadi ketidakseimbangan hormon, akan mempengaruhi pelepasan sel telur dari indung telur dan juga siklus haid yang tidak teratur sehingga menurunkan kesuburan, Moms. Wanita yang memiliki berat badan berlebih diketahui sulit hamil dibandingkan dengan yang memiliki berat badan ideal. Selain itu, embrio akan menjadi sulit ditanam pada wanita yang memiliki berat badan berlebih. Hal tersebut yang menjadikan dampak buruk kegemukan pada kesuburan yang bisa menurunkan peluang untuk hamil.

Akan tetapi menurunkan berat badan saat sedang hamil juga tidak disarankan. Karena hal ini dapat mempengaruhi kesehatan, serta perkembangan bayi yang dikandung. Oleh karena itu, lebih baik untuk menurunkan berat badan sebelum melakukan program hamil. Pastikan juga Moms mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dalam porsi kecil namun sering, serta perbanyak minum air putih.

Oleh karena itu, program hamil untuk wanita gemuk sangat disarankan untuk menjaga kondisi Ibu dan anak. Nah Moms, berikut ini tips cepat hamil untuk wanita gemuk yang perlu diketahui:

Susah Punya Anak Karena Kegemukan? Cari Tahu Tips Program Hamil Cepatnya, Yuk!

1. Makanan Program Hamil untuk Wanita Gemuk

Asupan makanan sehat sangat penting untuk meningkatkan dan menjaga kesuburan. Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan bisa Moms lakukan untuk memperbesar peluang hamil. Makanan yang dapat meningkatkan kesuburan salah satunya yaitu makanan yang tinggi asam folat. Beberapa makanan sehat yang mengandung asam folat diantaranya yaitu kentang, taoge, kedelai, telur, asparagus, bit, kol, pisang, dan lain sebagainya.

Pilih makanan yang tidak akan membebani tubuh dalam mencerna dan mengkonversinya menjadi gula. Pastikan juga Moms mengonsumsi banyak makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat membuat Moms kenyang dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil.

1. Makanan Program Hamil untuk Wanita Gemuk
baca juga

2. Tes Darah

Lakukan tes darah untuk memastikan apakah Moms memiliki tiroid atau tidak. Jika Moms bebas tiroid, maka Moms bisa lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Moms juga bisa melakukan diet sehat dan olahraga yang tidak terlalu ekstrem atau berlebihan, karena olahraga berlebihan justru akan mengganggu tingkat kesuburan.

2. Tes Darah

3. Siklus Menstruasi

Kadar lemak tubuh dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Oleh sebab itu, penting menurunkan berat badan yang berlebih. Apabila Moms sudah mengetahui pola siklus menstruasi sendiri, maka Moms bisa menentukan kapan masa ovulasi pada tubuh Moms. Sehingga dapat memperbesar peluang terjadinya kehamilan.

3. Siklus Menstruasi