Apa Itu Penyakit Kuning Pada Bayi?

Bayi Baru Lahir Sakit Kuning? Jangan Khawatir Moms, Ini Cara Penanganannya

Jaundice atau ikterus lebih dikenal di Indonesia sebagai penyakit kuning pada bayi yaitu perubahan warna pada kulit dan mata bayi yang baru lahir menjadi kuning.

Bayi baru lahir kuning berapa lama akan sembuh ya Moms? Untuk bayi baru lahir kuning (Jaundice) bisa sembuh dengan sendirinya atau dengan pengobatan ringan selama satu hingga dua minggu. Pada bayu prematur waktu yang dibutuhkan bisa sampai dua bulan. 

Faktanya hampir 80% bayi Indonesia mengalami ini lho. Jadi sebenarnya ini hal umum terjadi ya Moms. Tapi tetap perlu penanganan yang tepat agar tidak menjadi gejala yang serius.

Penyebab & Ciri Bayi Baru Lahir Kuning

Bayi Baru Lahir Sakit Kuning? Jangan Khawatir Moms, Ini Cara Penanganannya

Menjadi orangtua perlu adanya wawasan yang luas. Bayi kuning merupakan gejala yang harus pahami dan dikenali orangtua agar penanganannya tepat ya Moms. Penyebab bayi baru lahir kuning antara lain infeksi virus atau bakteri, pendarahan internal, kerusakan hati, kekurangan enzim tertentu darah.

Namun kasus paling sering terjadi disebabkan bayi mengalami kelebihan pigmen berwarna kuning atau bilirubin, pada sel darah merah.

Bilirubin adalah produk sampingan yang dibuat untuk memecah sel darah merah yang sudah tua. Bilirubin yang tidak terpakai akan dihilangkan oleh hati dan dikeluarkan tubuh melalui feses.
Saat dalam kandungan, tugas tersebut dilakukan oleh organ hati ibu. Namun, setelah lahir bayi harus melakukan proses tersebut sendiri. Proses ini menjadi terhambat karena bayi baru lahir hatinya belum siap untuk memecah bilirubin. Akhirnya, bilirubin menumpuk pada darah bayi 

Ciri bayi baru lahir kuning antara lain, warna kulit bayi akan menguning, berawal mulai dari wajah, kemudian dada, perut, dan kaki. Bahkan bagian putih pada mata bayi juga akan menguning. Untuk bayi yang baru lahir Moms bisa mengecek dengan cara menekan dengan lembut dahi atau hidung bayi. Jika kulit bayi tampak menguning berarti bisa digolongkan terkena jaundice ringan.

Bagi bayi dengan bilirubin tinggi biasanya enggan mengkonsumsi asi secara langsung, kemampuan mengisapnya buruk, demam, muntah, lesu, sulit bangun tidur, mudah rewel bahkan terus-terusan menangis. Jika hal itu terjadi tindakan terbaik Moms harus memeriksakannya pada dokter.

baca juga

Penanganan Bayi Baru Lahir Kuning

Bayi Baru Lahir Sakit Kuning? Jangan Khawatir Moms, Ini Cara Penanganannya

Penanganan bayi baru lahir kuning tahap awal bisa dilakukan dengan cara memberinya asupan yang cukup untuk mencegah kenaikan bilirubin dan mengeluarkan bilirubin pada tubuhnya.

Susui anak dengan ASI sebanyak 8-12 kali dalam waktu 24 jam. Atau berikan susu formula, biasanya susu formula diberikan sekitar 6-10 botol dalam waktu 24 jam. Pemberian susu diharapkan mampu menikatkan imun bayi.

Penangan paling efektif untuk ini tentu dengan menghubungi dokter ya Moms agar dilakukan tindakan fototerapi yang bertujuan tingkat bilirubin bayi turun. Semakin tepat penanganan maka si Kecil akan secepat mungkin dan terhindar dari kerusakan permanen pada otak atau kernicterus yang disebabkan penyakit ini.