Seputar Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Secara administratif, Pulau Tidung masih termasuk wilayah DKI Jakarta.  Pulau ini terkenal akan keindahan alamnya yang tak kalah dengan keindahan pantai dan laut di luar negeri.

Bisa jadi referensi liburan bareng keluarga nih, Moms. Lokasinya juga cukup strategis dekat dengan kota Jakarta. Hanya dengan naik kapal dari Muara Angke, Jakarta Utara dengan lama perjalanan 2-3 jam saja, kita sudah bisa ke Pulau Tidung.

Pulau Tidung juga terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Tidung Besar dan kecil. Keduanya dihubungkan dengan sebuah jembatan panjang sejauh 750 kilometer yang dinamakan Jembatan Cinta. Dari atas jembatan ini kita bisa melihat keindahan laut dengan terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni karena air lautnya bening.

Di sana kita juga bisa jalan-jalan menggunakan sepeda, snorkeling, dan menggunakan fasilitas apapun yang ada di sana. Pokoknya cocok banget untuk liburan bersama keluarga, tanpa harus jauh-jauh ke luar negeri.

Seputar Pulau Tidung

Mitos di Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah pulau dengan luas sekitar 109 hektar yang dihuni oleh kurang lebih 5.000 penduduk setempat. Pulau ini terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Tidung Kecil, dan Pulau Tidung Besar.

Bila Moms yang sudah pernah pergi ke Pulau Tidung, maka Moms pasti tau tentang Jembatan Cinta. Jembatan yang dibangun untuk menghubungkan Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Namun, apakah Moms tahu bahwa ada beberapa mitos dan misteri tentang pulau ini yang banyak beredar dikalangan penduduk lokal maupun wisatawan? Nah, Ini dia beberapa mitosnya.

baca juga

Mitos Jembatan Cinta Pulau Tidung

Mitos Pulau Tidung yang terkenal, ada di Jembatan Cinta ini, nih Moms. Katanya, melompat dari atas Jembatan Cinta dapat membersihkan pikiran. Mitos ini tidak hanya beredar pada masyarakat sekitar, namun juga dipercaya oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung. Hal ini mungkin benar, karena melompat dari ketinggian 6 meter dengan air laut yang bersih dan melihat terumbu karang di bawahnya, pasti menyenangkan dan membuat pikiran tenang.

Mitos lain mengatakan bahwa, jika pasangan menyebrangi Jembatan Cinta dapat membuat pasangan tambah langgeng. Karena Jembatan Cinta ini cukup panjang di lautan, maka diibaratkan seperti jalan percintaan yang tidak mulus dan banyak rintangannya. Karena itu, jika ada sepasang kekasih yang menyebrangi jembatan ini bersama-sama sampai dari ujung satu sampai ujung lainnya tanpa ada halangan apapun, maka pasangan tersebut dikatakan akan langgeng terus nantinya.

Akan tetapi jika salah satu dari pasangan merasa takut ditengah jalan, atau merasa ingin kembali ke belakang, maka dikatakan bahwa pasangan tersebut tidak akan bertahan lama. Ketakutan atau kebimbangan saat melewati Jembatan Cinta bersama pasangan dianggap sebagai pertanda buruk bahwa pasangan anda mungkin tidak setia, tidak konsisten atau memang tidak saling berjodoh.

Namun, semua itu hanyalah mitos. Apakah Moms percaya?

Mitos Jembatan Cinta Pulau Tidung

Misteri Pulau Tidung Kecil

Ada juga nih, Moms misteri Pulau Tidung Kecil yang jarang diketahui banyak orang. Di sana terdapat makam yang katanya makan seorang Panglima Hitam. Belum diketahui secara pasti siapa Panglima Hitam itu, namun ada dua cerita yang berbeda mengenai Panglima Hitam itu.

Yang pertama, katanya ia adalah seorang pendekar asal Sulawesi yang sempat tinggal lama di Malaysia dan menjadi seorang kepercayaan Kesultanan Selangor. Yang kedua, katanya Panglima hitam itu adalah seorang panglima yang kalah perang ketika berhadapan dengan Belanda di Batavia. Kekalahannya ini membuat ia dan seluruh pasukan mundur hingga berhasil menyembunyikan diri di Pulau Tidung Kecil sampai mati.

Dengan adanya makam tersebut, dan tidak jelas asal usulnya, kemudian banyak yang beranggapan bahwa Pulau Tidung Kecil itu angker.

Misteri Pulau Tidung Kecil
baca juga

Misteri Ujung Pulau Tidung Kecil

Selain misteri makam Panglima Hitam, misteri ujung Pulau Tidung Kecil juga sangat menyeramkan. Konon, ada cerita tentang seseorang yang penasaran ujung dari Pulau Tidung Kecil. Kemudian, orang tersebut nekat untuk pergi ke sana karena ingin tahu apa yang ada di ujung pulau tersebut. Akan tetapi, orang tersebut tidak kembali dalam waktu yang sebentar. Kemudian, saat kembali ia mengatakan bahwa ia disesatkan oleh makhluk halus yang mengaku penjaga dari Pulau Tidung.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa di sana terdapat makam yang panjangnya 2 meter dan di sekitar ujung pulau tersebut dibatasi oleh tanaman yang memang sengaja ditanam agar pengunjung tidak pergi ke ujung Pulau Tidung Kecil. Kejadian tersebut dikaitkan dengan pengakuan beberapa orang yang mengatakan bahwa mereka melihat sesosok laki-laki berjubah putih dan seorang wanita yang berada di pohon besar di ujung pulau Tidung Kecil.

Misteri Ujung Pulau Tidung Kecil

Nah itu dia Moms, mitos dan misteri yang ada di Pulau Tidung. Benar atau tidaknya mitos yang beredar tersebut, alangkah baiknya jika kita tetap berfikiran positif dan tetap memegang teguh kepercayaan yang kita anut. Sehingga tidak mempengaruhi kesenangan kita untuk berwisata di Pulau Tidung yang kaya akan keindahan alamnya.