Sekilas Tentang Kayu Manis

Kayu manis termasuk jenis rempah-rempah yang beraroma harum, manis, dan pedas. Rempah-rempah ini salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia, lho Moms. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu.

Secara tradisional dijadikan sebagai obat untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung. Bahkan, kayu manis juga berkhasiat untuk mengilangkan jerawat. 

Kayu Manis dan Madu

Sejak berabad-abad lalu, banyak orang yang menggunakan kayu manis dan madu sebagai obat. Saat ini, kayu manis dan madu juga masih ada dan belum punah nih, Moms. Siapapun dapat menikmati madu dan kayu manis yang memiliki keuntungan secara ilmiah sungguh terbukti. Campuran ini sangat lezat dan efektif bagi tubuh.

Beberapa manfaat mengonsumsi kayu manis dan madu, di antaranya dapat mencegah penuaan, meningkatkan kerja hati, mengurangi kolesterol buruk, melawan infeksi bakteri, menurunkan berat badan, menstabilkan gula darah, dan mengatasi jerawat.

Kayu Manis dan Madu
baca juga

Manfaat Kayu Manis untuk Atasi Jerawat

Selain itu, kayu manis juga dapat untuk mengurangi jerawat di wajah. Kok bisa? Bisa dong Moms, karena kayu manis bersifat sebagai antiinflamasi dan antimikroba dalam membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Kayu manis juga mengandung vitamin E, A, C dan B12 kompleks yang berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit.

Manfaat Kayu Manis untuk Atasi Jerawat

Nah ini dia Moms, cara membuat masker dengan kayu manis dan madu.

Cara Membuat Maker Kayu Manis dan Madu

Untuk membuat masker kayu manis ini cukup mudah Moms, siapkan kayu manis bubuk dan madu, lebih baik gunakan madu manuka yang dikenal dapat melawan jerawat dan melembapkan kulit.

Cara membuatnya, campurkan kayu manis bubuk dan 2 sendok madu, lalu aduk rata sampai berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan merata pada wajah dan diamkan sekitar 30 menit. Lalu bilas sampai bersih.

Gunakan masker ini maksimal 1-2 kali seminggu. Tapi, pastikan ya kalau Moms tidak alergi terhadap kayu manis. Untuk memastikannya gampang, oleskan masker pada punggung tangan dan tunggu 10-15 menit untuk melihat apakah ada reaksi yang muncul seperti bengkak kemerahan atau gatal. Jika tidak ada, maka Moms tidak alergi pada kayu manis ataupun madu.

Cara Membuat Maker Kayu Manis dan Madu
baca juga

Gejala Alergi Kayu Manis

Walau punya banyak manfaat untuk tubuh, ternyata ada juga sebagian orang yang ternyata memiliki risiko alergi kayu manis. Berikut ini gejala alergi kayu manis:

  1. Ruam pada kulit
  2. Pembengkakan pada bibir, wajah, dan lidah
  3. Sesak napas
  4. Diare
  5. Batuk
  6. Muntah
  7. Pusing
  8. Pingsan
  9. Kram Uterus
Gejala Alergi Kayu Manis

Gejala tersebut terjadi dalam beberapa menit hingga satu jam setelah mengonsumsi kayu manis. Jika mendapati hal tersebut, periksakan ke dokter agar tidak menjadi parah.