Kram


Kram otot biasanya dirasakan bumil pada paha, betis, atau kaki dan sering dialami pada trimester ketiga. Penyebabnya karena kadar kalsium yang rendah dalam darah dan kurangnya asupan garam dalam tubuh. Nah, untuk mengatasi gangguan atau penyakit ibi hamil ini maka lakukan pijatan di area yang mengalami kram dengan agak menekannya. Kamu juga bisa meminta suami untuk membantumu melakukannya.

source: https://foottherapy.net


 

baca juga

Sakit Punggung

Sakit punggung adalah hal yang sering banget dialami ibu hamil. Biasanya terasa nyeri di bagian punggung bawah dan bokong. Banyak yang berpendapat, sakit punggung ini terjadi karena tubuh menanggung beban perut yang terlalu berat. Namun sebenarnya hal ini terjadi akibat tekanan ekstra pada sambungan pinggul dan tulang belakang. Untuk mengurangi sakitnya lakukan massage pada bagian punggung dan tidurlah di kasur empuk. 

 

source: https://www.babycenter.com


 

Mual

Mual yang kadang disertai muntah adalah salah satu keluhan kehamilan yang dirasakan hampir semua ibu hamil. Rasa mual paling sering terjadi di trimester pertama karena tubuh masih beradaptasi dengan perubahan hormon. Adapun penyebab mual adalah karena rendahnya kadar gula dalam darah. Karena itu, jangan sampai terlambat makan saat hamil dan perbanyak asupan nutrisi ya, Moms!
 

source: https://www.nannybutler.com


 

baca juga

Sakit Kepala

Saat hamil, kamu mungkin akan lebih sering merasakan sakit kepala daripada biasanya. Biasanya sakit kepala disebabkan ibu hamil mengalami dehidrasi, stres, otot-otot tegang, fluktuasi hormon, dan meningkatnya aliran darah. Nah, untuk mengatasinya, yuk perbanyak konsumsi magnesium yang banyak terdapat di dalam bayam. 
 
source: http://www.pregnancypillowset.com


 

Sembelit

Sembelit atau susah BAB biasanya dialami ibu hamil saat trimester akhir kehamilan. Penyebab utamanya karena ibu hamil tidak mengonsumsi makanan yang bergizi. Oleh karena itu, selama hamil jangan lupa selalu mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, termasuk serat yang asalnya dari buah dan sayuran. Dengan memperbanyak asupan serat, maka pencernaanmu akan lebih lancar. 
 

source: http://www.momjunction.com