Bayi Baru Lahir Cegukan, Normalkah?

Bayi baru lahir cegukan normalkah? Bahayakah bayi baru lahir cegukan?

Ternyata Moms, jawabannya adalah normal dan tidak berbahaya. Cegukan yang terjadi pada bayi baru ternyata disebabkan oleh kontraksi otot diafragma pada perut bayi. Ketika cegukan, otot diafragma bayi sedang dirangsang untuk menerima asupan-asupan baru yang sebelumnya belum pernah ia terima, seperti ASI atau susu formula.

Pada saat menyusu, otot diafragma bayi akan bergerak menyesuaikan dengan sedotan mulutnya pada dot atau payudara Moms. Proses penyesuaian irama otot diafragma, otot mulut dan juga pernapasannya inilah yang membuat bayi bisa cegukan.

Tapi, Moms tidak perlu khawatir. Sebab ada beberapa cara mengatasi bayi baru lahir cegukan yang ampuh dan aman untuk bayi. Seperti apa caranya? Yuk ikuti ulasan di bawah ini Moms!

Bayi Baru Lahir Cegukan, Normalkah?

Mengatasi Bayi Baru Lahir Cegukan, Belajar Yuk, Moms!

Banyak pendapat mengatakan bahwa kita tidak perlu membantu bayi baru lahir cegukan. Sebab, ketika otot diafragma bayi sudah mulai bisa menyesuaikan dan rileks, cegukan akan berhenti sendiri.

Namun kadang kita pasti tidak tega ya, Moms melihat bayi kita cegukan? Nah untuk itu, yuk belajar beberapa cara mengatasi bayi baru lahir cegukan ketika menyusu ini, Moms!

Mengatasi Bayi Baru Lahir Cegukan, Belajar Yuk, Moms!

1. Dekap Bayi dengan Posisi Tegak
Ketika bayi cegukan usai menyusu, Moms bisa mendekapnya dengan posisi vertikal atau Tegak. Letakkan kepala bayi di dada atau pundak Moms dan tepuk-tepuk lembut punggung bayi hingga cegukan pada bayi berhenti. Jangan kaget ya Moms, sebab kadang cara ini akan membuat bayi bersendawa dan sangat mungkin keluar sedikit susu yang sudah masuk ke perut bayi. 

2. Miringkan Bayi ke Arah Kanan
Cara mengatasi bayi baru lahir cegukan berikutnya adalah dengan memiringkan bayi ke arah kanan. Memiringkan bayi ke arah kanan di atas ranjang akan membuat saluran pada area lambung dan diafragma bayi lebih longgar sehingga cegukan akan berhenti dengan sendirinya. Moms juga bisa melakukannya sambil menepuk-nepuk lembut punggung bayi seperti pada cara pertama.

3. Pangku dengan Posisi 45 Derajat
Memangku bayi dalam posisi 45 derajat atau setengah duduk ketika menyusu atau cegukan akan menanggulangi cegukan pada bayi. Dengan posisi setengah duduk, ASI atau makanan yang masuk akan leibih lancar masuk ke dalam perut bayi sehingga bayi terhindar dari cegukan. Usap lembut dada dan perut bayi dalam posisi ini sebagai cara mengatasi bayi baru lahir cegukan.

baca juga

Nah, Moms, itulah beberapa cara mengatasi bayi baru lahir cegukan yang ampuh dan aman untuk dilakukan pada buah hati. Perlu diingat, cegukan pada bayi tidak berbahaya dan mengganggu pernapasan. Jadi jangan khawatir ya, Moms!

Namun, apabila cegukan pada bayi tidak berhenti setelah semua cara dilakukan ditambah bayi rewel atau menangis, berkonsultasi pada dokter anak sangat disarankan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga berhasil, Moms!